Search This Blog

Mengenal Penyakit Angin Duduk dan Tips Mengatasinya

Metrotvnews.com, Jakarta: Angin duduk merupakan istilah yang lazim digunakan masyarakat Indonesia untuk menyebut masuk angin akut, atau karena terdeteksi mengidap penyakit jantung. Lalu, apa sebenarnya angin duduk itu? 

Dalam dunia medis, angin duduk mengarah pada penyakit jantung yang disebut Sindroma Koroner Akut (SKA) dan merupakan salah satu yang paling sering mengakibatkan kematian. Bila seseorang terserang angin duduk yang datang secara tiba-tiba ini, dia akan merasakan nyeri di dada, kemudian meninggal.
 
Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta, dr. A. Sari Sri Mimpuni, Sp. JP memaparkan, angin duduk terjadi karena adanya penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah, sehingga jalan oksigen yang harusnya dibawa pembuluh darah ke otot jantung berkurang, atau tidak ada sama sekali. Hal ini yang menyebabkan otot jantung kram, karena bilik kiri tidak mampu memompa darah.

Gejala awal angin duduk ditandai ciri seperti masuk angin, disertai adanya tekanan di bagian tengah dada, sesak napas, tubuh merasa lelah, mual, pusing, gelisah, serta berkeringat berlebih. Sejumlah penderita mengatakan, area jantung seperti diremas ketika angin duduk muncul. Bahkan jika sudah parah, pasien akan pingsan.

Apabila Anda mengalami gejala awal ini, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan aktivitas yang sedang dijalani dan segera atur nafas. Kemudian, minum obat antiplatelet. Atau gunakan cara alami dengan menelan 1 siung bawang putih yang dikeprek. Bawang putih bermanfaat untuk mengatasi angin duduk dengan gejala perut kembung, nyeri ulu hati, sulit buang gas, dan sulit BAB.

Setelah itu, Anda sangat dianjurkan segera ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan oleh dokter ahli jantung.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum menjadi korban angin duduk, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara mencegah terserang penyakit tersebut. Berikut ini tiga tipsnya.

1. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Untuk mencegah terjadinya gangguan jantung, sebaiknya Anda menerapkan hidup sehat dengan mengatur pola makan.  Mengonsumsi makanan berserat tinggi adalah cara sederhana untuk mencegah gangguan jantung. Biasakan rutin menyantap sayuran, buah, biji-bijian utuh yang bisa didapatkan dari gandum. 

Pun, tak ada salahnya mengonsumsi lemak tak jenuh guna mencegah penyumbatan pembuluh darah di jantung. Lemak tak jenuh bisa diperoleh dari ikan salmon, tuna, kacang almond, minyak zaitun, dan buah alpukat. Oatmeal juga merupakan pilihan tepat karena berkhasiat menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, dan hipertensi.

2. Jauhi obesitas

Obesitas atau kegemukan memicu berbagai penyakit kardiovaskluar. Orang dengan obesitas rentan mengalami penyempitan pembuluh darah dan penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan endapan lemak. Untuk tetap sehat, jauhkan diri Anda dari obesitas. Caranya, jalani pola hidup sehat seperti kurangi makanan berlemak dan manis, tidak merokok, serta rutin berolahraga.

3. Olahraga teratur

Selain menjaga pola makan, olahraga dinilai ampuh untuk mencegah angin duduk. Menurut dr. A. Sari Sri Mimpuni, Sp. JP, sangat baik jika Anda membiasakan diri melakukan aktivitas fisik dan berolahraga tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit. Olahraga berfungsi melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Jika aliran darah lancar, maka suplai oksigen ke seluruh tubuh pun lancar. Sempatkan berolahraga di sela kesibukan Anda demi kesehatan.


Proteksi Diri

Mengingat penyakit jantung merupakan penyakit fatal dan membutuhkan banyak biaya untuk penyembuhan, maka proteksi diri Anda sejak dini. Jangan tunda lagi untuk memiliki asuransi kesehatan.

Produk asuransi kesehatan apa yang paling cocok untuk mengcover penyakit kritis seperti jantung? Simas Sehat Executive dari Asuransi Sinar Mas menawarkan jaminan kesehatan terluas dan kemudahan kepada Anda, yaitu:

1. Mengganti seluruh biaya rumah sakit sesuai dengan plan yang dipilih, termasuk jaminan biaya rawat jalan darurat sebagai akibat kecelakaan, jaminan biaya operasi plastik sebagai akibat kecelakaan.

2. Jaminan biaya tranplantasi ogran tubuh (jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan sumsum tulang).

3. Pembayaran premi yang mudah, yaitu melalui tunai, transfer, maupun kartu kredit Visa/MasterCard.

Untuk pendaftaran sangat mudah. Cukup dengan melengkapi dan menandatangani formulir aplikasi yang tersedia dan mengembalikan lagi kepada Asuransi Sinar Mas dengan melampirkan fotokopi kartu identitas diri.

Keunggulan lainnya, dengan memilih plan Simas Sehat Executive, biaya perawatan di rumah sakit luar negeri saat Anda sedang bertugas atau liburan, akan dibayar sampai dengan limit plan yang dipilih dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Dapatkan informasi selengkapnya melalui http://ift.tt/2arobqa

Be Healthy with Simas Sehat!


 
Baca Berita Asal
Mengenal Penyakit Angin Duduk dan Tips Mengatasinya
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Penyakit Angin Duduk dan Tips Mengatasinya"

Post a Comment

Powered by Blogger.