Search This Blog

Lemak Sehat Bantu Kendalikan Diabetes Tipe 2

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengonsumsi lebih banyak lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati, dan menghindari lemak jenuh dan karbohidrat olahan dapat membantu mencegah dan mengendalikan diabetes tipe 2.

Tim peneliti menemukan, perubahan pola makan berkontribusi dalam menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. (Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes)

"Dunia menghadapi epidemi resistensi insulin dan diabetes. Temuan kami mendukung pencegahan dengan konsumsi makanan yang kaya lemak sehat, seperti kenari, biji bunga matahari, kedelai, biji rami, ikan, dan minyak nabati," kata Darriush Mozaffarian, rekan penulis studi. Dia merupakan dekan Friedman School of Nutrition Science and Policy, Tuts University, Boston.

"Penelitian ini membawa pesan positif bagi masyarakat. Jangan takut lemak sehat," ucap Darriush menambahkan.

Peneliti menganalisis 102 percobaan yang melibatkan 4.660 orang dewasa. Mereka mengevaluasi, bagaimana kandungan gizi pada makanan memengaruhi metabolik, termasuk gula darah dan tingkat insulin.

Mengonsumsi lemak tak jenuhmeningkatkan kontrol gula darah, kata penulis studi utama Fumiaki Imamura dari Departemen Riset Epidemiologi Universitas Cambridge, Inggris.

Studi sebelumnya menemukan, setiap penurunan 0,1 persen HbA1C (komponen minor dari hemoglobin yang berikatan dengan glukosa), maka risiko diabetes tipe 2 turun sebanyak 22 persen, dan penyakit jantung sebesar 6,8 persen.

"Dari berbagai macam lemak, manfaat yang paling konsisten terlihat pada lemak tak jenuh," Jelas Fumiaki.
(Web MD)
Baca Berita Asal
Lemak Sehat Bantu Kendalikan Diabetes Tipe 2
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lemak Sehat Bantu Kendalikan Diabetes Tipe 2"

Post a Comment

Powered by Blogger.