Search This Blog

Jenis Olahraga yang Membantu Turunkan Kolesterol

Metrotvnews.com, Jakarta: Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan kerusakan dinding sel pembuluh darah dan meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Serangan jantung dan stroke sendiri merupakan pembunuh nomor 1 dan 2 di dunia dan begitu pun di Indonesia . Melihat begitu besar dampaknya terhadap kesehatan, alangkah bijak jika kita menjaga kadar kolesterol tetap normal yaitu kurang dari 200 mg/dl.

Profesor kedokteran divisi kardiologi University of Colorado School of Medicine, Robert H. Eckel, mengatakan bahwa berolahraga teratur akan menjaga kesehatan jantung, serta menurunkan kadar trigliserida.

Berolahraga teratur mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menekan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, enzim yang dikeluarkan saat berolahraga membantu mengalirkan LDL dari darah ke dalam hati yang kemudian diubah menjadi empedu. Empedu berfungsi membantu proses pencernaan. Sehingga, makin rajin olahraga, makin banyak LDL yang diambil dari sistem tubuh.

Lalu, apa jenis olahraga yang dapat membantu menurunkan kolesterol?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi aerobik atau kardio dan latihan resistensi adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Latihan resistensi atau yang dikenal dengan Total Body Resistance Exercise (TRX) merupakan ragam latihan baru yang menjadikan berat badan sebagai beban latihan dan gravitasi sebagai materi latihan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di BMC Public Health Australia pada 2012 terhadap orang yang mengalami obesitas, ditemukan fakta bahwa kedua jenis olahraga tersebut memberikan manfaat dalam menurunkan berat badan, memangkas kelebihan lemak, dan menjaga kebugaran tubuh.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan melakukan olahraga aerobik selama 40 menit, 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

Tidak hanya aerobik saja, Anda pun dapat melakukan olahraga berikut ini:

1. Berjalan cepat (3 mil per jam atau lebih)
2. Bersepeda (10 mil per jam atau kurang dari itu)
3. Bermain tenis ganda (berpasangan)
4. Berkebun

Contoh olahraga berat untuk menurunkan kolesterol:

1. Jalan cepat, joging atau berlari
2. Berenang
3. Bermain tenis single
4. Aerobik
5. Bersepeda (10 mil per jam atau lebih)
6. Hiking

Selain olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, untuk mengoptimalkan proses menurunkan kolesterol Anda dianjukan minum Nutrive Benecol.

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol. Bahan ini dapat ditemukan pada golongan tumbuhan seperti rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum dan tanaman lainnya dalam jumlah yang tidak banyak.

Mengonsumsi Nutrive Benecol yang praktis dan sudah diformulasikan dengan plant stanol ester setiap hari telah teruji bantu menurunkan kolesterol 7 hingga 10 persen dalam 1-2 minggu, kolesterol jahat (LDL) hingga 15 persen, serta mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Nutrive Benecol memiliki empat varian rasa yang bisa dinikmati sesuai selera, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee.  

Dengan kemasan yang praktis, Nutrive Benecol dapat diminum di mana saja dan kapan pun setiap hari.
Baca Berita Asal
Jenis Olahraga yang Membantu Turunkan Kolesterol
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jenis Olahraga yang Membantu Turunkan Kolesterol"

Post a Comment

Powered by Blogger.