Search This Blog

Studi: Punya Anak Tingkatkan Angka Harapan Hidup

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun banyak masalah yang timbul saat membesarkan anak, ternyata memiliki anak dapat meningkatkan angka harapan hidup, terutama pada orang yang terlah berusia lanjut. 

Dilansir dari Thehealthsite.com, sebuah studi menemukan bahwa risiko kematian lebih rendah pada orang yang setidaknya beranak satu dibandingkan mereka yang tak memiliki anak, tanpa memengaruhi jenis kelamin anak. 



"Penelitian ini dilakukan pada partisipan berusia 60-100 tahun. Pada usia 60 tahun, perbedaan risiko kematian selisih satu tahun sekitar 0,06 persen pada pria dan 0,16 persen pada wanita," ujar Karin Modig dari Karolinska Institute di Swedia. 

Sementara risiko yang sama pada usia 80 tahun sekitar 7,4 persen pada pria yang memiliki satu anak dan 8,3 persen pada pria yang tak punya. 

Jarak risiko kematian absolut tersebut meningkat seiring bertambahnya usia dan lebih besar pada pria. Pada usia 90 tahun, perbedaan tersebut meningkat hingga 1,47 persen pada pria dan 1,10 persen pada wanita. 

(Baca juga: Cara Menyenangkan Bermain Air dengan Anak)

Selain itu, risiko kematian pada pria yang belum menikah adalah 1,2 persen dan pada pria yang telah menikah sebsar 0,6 persen. 

Penemuan tersebut juga menemukan bahwa hubungan tersebut semakin meningkat ketika orangtua bertambah tua dimana orang yang tak memiliki anak semakin mengalami penurunan hingga akhir hidupnya. 

Studi tersebut meneliti 704.481 pria dan 725.290 wanita yang telah berusia di atas 60 tahun. 





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2nqJgpX; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Studi: Punya Anak Tingkatkan Angka Harapan Hidup
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Punya Anak Tingkatkan Angka Harapan Hidup"

Post a Comment

Powered by Blogger.