Search This Blog

3 Langkah Sederhana Hilangkan Stres dan Cemas

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda merasa selalu kesulitan untuk menyeimbangkan kehidupan sosial dan kerja, kemungkinan itu karena Anda stres atau cemas berlebihan. 

Kedua hal tersebut memang saling berkaitan karena mengeluarkan hormon yang sama dalam otak, yaitu adrenalin dan norepinefrin. Gejala yang muncul dari gangguan tersebut adalah munculnya rasa khawatir, ragu, takut, panik, dan malu. 

Berikut adalah tiga hal yang bisa dilakukan untuk meredakan stres dan cemas. 



1. Berikan kasih sayang pada diri sendiri

Apapun yang Anda rasakan, yakinkan diri bahwa Anda bisa melaluinya. Hal ini cukup penting karena kebanyakan orang akan segera menyalahkan dirinya sendiri atas apa yang dirasakan. 

Pertimbangan negatif seperti itu akan membuat seseorang stres dan meningkatkan hormon cemas. Otak Anda akan terus mempertanyakan hal negatif dan membuat perasan cemas terus berlanjut. 

Oleh karena itu, untuk menghentikannya, cobalah yakinkan diri sendiri. Dengan demikian, perasaan cemas akan segera pergi. 

(Baca juga: Stres dan Kurang Tidur Pemicu Utama Serangan Epilepsi)



2. Lihat tindakan sekitar
Cobalah liat situasi lebih luas, tak hanya dari sudut pandang sendiri namun juga orang lain. Jika Anda bisa melihat dari posisi yang berbeda, maka Anda akan merasa lebih tenang dan bisa berpikir secara objektif. Bahkan, Anda juga bisa mencoba mengerti dengan tindakan yang diambil orang lain. 



3. Bertindak
Tentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Tindakan dapat menurunkan stres secara emosional, mental, fisik, dan spiritual. Secara emosional, tindakan dapat membantu Anda meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri karena Anda terkoneksi dengan kemampuan dan nilai diri. Secara mental, Anda jadi memiliki sesuatu untuk dijadikan fokus sehingga menyampingkan kekurangan. 

Secara fisik, tindakan terebut dapat melepaskan hormon GABA yang dapat memecah hormon adrenalin dan norepinefrin. Secara spiritual, hal tersebut dapat meningkatkan energi saat berada dalam situasi yang memicu perasaan stres dan membuat Anda lebih mengerti makna hidup secara mendalam. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2dowa7H; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
3 Langkah Sederhana Hilangkan Stres dan Cemas
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Langkah Sederhana Hilangkan Stres dan Cemas"

Post a Comment

Powered by Blogger.