Search This Blog

Penyebab Sering Kentut yang Tidak Berkaitan dengan Makanan

Metrotvnews.com, Jakarta: Perut kembung dan sering kentut memang bisa jadi adanya masalah pada pencernaan akibat makanan yang Anda konsumsi mengandung gas. Namun, banyak kentut yang sebenarnya tidak berbau dan tidak ada hubungannya dengan pencernaan.

Sekitar setengah dari semua sendawa dan kentut disebabkan oleh aerophagia atau yang dikenal menelan udara. Perut kembung itu berbeda dari aerophagia. 



Menurut asisten profesor penyakit klinis di Eastern Virginia Medical School, Patricia Raymond, meski banyak orang yang kembung merasa seperti perutnya ber-gas, secara teknis itu bukan karena kelebihan gas. Melainkan merasakan sensasi kembung.

Patricia menambahkan, ketika makanan kurang diserap tubuh, itu berjalan ke usus besar dimana bakteri memuntahkan gas bau dalam volume kecil. Gas ini sangat bau seperti telur busuk.

Tetapi, jika tidak berbau, kentut berbunyi dan bersendawa besar, berarti ini akibat banyaknya Anda menelan udara. Berikut ini adalah beberapa penyebab Anda kentut atau sendawa yang tidak berhubungan dengan makanan.

(Baca juga: Kentut Bau? Mungkin Ini Penyebabnya)



1. Obat-obatan
Banyak obat yang menyebabkan mulut kering dan meningkatkan jumlah udara yang Anda konsumsi. Selidiki apakah obat yang Anda minum dapat membuat mulut kering. Jika buang gas membuat Anda terganggu, minta dokter Anda untuk mengganti obatnya.



2. Mengunyah permen karet

Permen karet membuat Anda menelan lebih banyak udara dari biasanya dan dapat menyebabkan sendawa atau kentut.



3. Sedotan
Minum dengan sedotan seperti meledakkan balon secara terbalik. Jika meminum air dengan sedotan, Anda akan menghirup udara ke dalam perut sehingga menciptakan kondisi yang mengandung gas dan membuat Anda kentut atau sendawa.



4. Merokok
Merokok sangat mirip seperti menghisap melalui sedotan. Ketika Anda menarik napas, Anda secara perlahan menelan udara dan gas.



5. Makan terlalu cepat
Saat melahap makanan, ada kemungkinan Anda menenggak banyak udara juga. Kecepatan makan menyebabkan beberapa masalah, mulai dari masalah berat badan hingga asam lambung. Cobalah makan dengan tenang tanpa gangguan, dan mengunyah makanan 20-40 kali gigitan.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2gecXHV; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Penyebab Sering Kentut yang Tidak Berkaitan dengan Makanan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyebab Sering Kentut yang Tidak Berkaitan dengan Makanan"

Post a Comment

Powered by Blogger.