Search This Blog

Cara Sederhana untuk Mencegah Pikun

Metrotvnews.com, Jakarta: Faktor usia dan gaya hidup menjadi penyebab utama menurunnya kemampuan memori. Namun, hal itu sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa langkah.

Pertama, perbanyak konsumsi makanan yang baik untuk otak, seperti ikan, minyak kelapa, dan makanan yang mengandung antioksidan seperti blubberry, stroberi, dan rashberry. Makanan dengan antioksidan tinggi meningkatkan oksigen, nutrisi terbaik untuk otak. Kedua, biasakan untuk berolahraga. Aktivitas fisik merangsang terbentuknya sel-sel otak yang sehat.

Ketiga, usahakan tidur cukup, yakni 7-8 jam sehari. Penelitian menunjukkan kurang tidur dapat berakibat serius, yaitu hilangnya sel otak secara permanen.

Selain mengadopsi gaya hidup di atas, beberapa latihan sederhana berikut juga bisa meningkatkan kemampuan memori.

1. Menulis

Menurut para ilmuwan, orang yang memiliki kebiasaan menulis memiliki pemikiran yang tajam dibandingkan dengan orang yang terbiasa mengetik. Dengan menulis, seseorang memanfaatkan sebagian besar area otak yang berhubungan dengan bahasa dan memori.

2. Mengisi teka-teki silang

Memecahkan informasi termasuk kegiatan melatih otak. Selain mengisi teka-teki silang, Anda bisa melatih memori dengan mengingat nomor rekening bank atau nomor telepon orang penting.

3. Merajut

Menjahit, merajut, dan menggambar merupakan kegiatan artistik yang ternyata bisa meningkatkan koordinasi mata dan tangan serta merangsang otak. Jangan ragu untuk mendengarkan musik yang Anda sukai karena juga bisa membantu meningkatkan kekuatan otak.

4. Buat ikatan emosional

Para ilmuwan mengatakan, bersosialisasi dan memiliki ikatan emosional dengan orang lain membantu menciptakan kenangan yang akan terekam di otak. Kenangan tersebut, memicu otak untuk terus bekerja sehingga mencegah pikun.
Baca Berita Asal
Cara Sederhana untuk Mencegah Pikun
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Sederhana untuk Mencegah Pikun"

Post a Comment

Powered by Blogger.