Search This Blog

6 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Perempuan Usia 30 Tahun ke Atas

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjadi seorang perempuan tidaklah mudah. Selain bekerja, Anda tak bisa melupakan tugas utama sebagai seorang ibu dan istri. Tak heran jika kelelahan menjadi salah satu faktor mengapa perempuan lebih riskan terkena penyakit dibandingkan laki-laki.

Seiring bertambah usia, sistem kekebalan tubuh juga akan semakin menurun. Memasuki usia 30-an, skrining kesehatan sangat dianjurkan sebagai upaya mencegah dan deteksi dini adanya penyakit pada perempuan.

Sedikitnya ada enam tes kesehatan yang penting dijalani perempuan usia 30-an.

1. Tekanan darah dan jantung

Memasuki usia 30, perempuan disarankan rutin memeriksa tekanan darah, Jika tekanan darah tinggi, maka Anda perlu melanjutkan untuk tes ekokardiogram untuk memastikan jantung Anda sehat. Sebab, perempuan dengan hipertensi riskan mengalami masalah jantung.

2. Fungsi tiroid

Salah satu masalah kesehatan yang paling umum dihadapi perempuan adalah tiroid, dimana risiko untuk menderita hipertiroid lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Gejala umum penyakit ini adalah rasa sakit di kaki, tangan, dan sendi bersamaan dengan pembengkakan di kaki.

3. Diabetes

Diabetes kini semakin banyak menyerang usia muda. Tak hanya perempuan, tes diabetes sebaiknya rutin dilakukan secara berkala terutama jika Anda memiliki faktor risiko seperti kelebihan berat badan dan ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Penyakit diabetes pada perempuan menjadi perhatian. Sebab, tak hanya berdampak bagi dirinya. Sebuah penelitian menemukan, perempuan yang menderita diabetes gestasional saat hamil berpotensi memiliki anak yang menderita gangguan spektrum autisme.

4. Mamografi

Kanker payudara menjadi penyakit menakutkan bagi perempuan. Selain rutin melakukan SADARI (periksa payudara sendiri), perempuan dianjurkan melakukan tes mamografi setelah usia 40-an untuk mendeteksi ada atau tidaknya sel kanker. Skrinning payudara sebenarnya sangat dianjurkan dilakukan sejak dini. Namun pada usia 20-an, pemeriksaan dengan USG diklaim lebih akurat ketimbang mamografi.

5. Pap Smear

Tes pap smear adalah suatu keharusan yang dilakukan perempuan berusia 30 tahun untuk mencegah resiko kanker serviks. Seperti diketahui, kanker serviks menjadi pembunuh pertama perempuan di dunia.

6. Kepadatan tulang

Osteoporosis menjadi salah satu penyebab menurunnya produktivitas perempuan. Selain mengecek kepadatan tulang secara berkala, jangan lupa penuhi kebutuhan vitamin D yang bisa diperoleh dari susu dan sinar matahari pagi.
Baca Berita Asal
6 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Perempuan Usia 30 Tahun ke Atas
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Tes Kesehatan yang Penting Dilakukan Perempuan Usia 30 Tahun ke Atas"

Post a Comment

Powered by Blogger.