Search This Blog

Rumput Laut Pengaruhi Perkembangan Otak dari Masa ke Masa

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa rumput laut adalah jenis makanan yang menjadi kunci nutrisi yang membantu perkembangan homo sapien selama berjuta-juta tahun. 

Otak diperkirakan tak bisa berfungsi tanpa beberapa jenis nutrisi seperi magnesium, zinc, dan adanya kases nutrisi penting tertentu yang dapat memengaruhi evolusi otak hingga menjadi seperti saat ini. 

"Nutrisi yang dibutuhkan untuk transisi dari nenek moyang primitif menunju homo sapien modern ternyata terdapat dalam rumput laut," ujar asisten peneliti Ole G. Mouritsen, profesor di University of Southern Denmark. 



Ia menjelaskan, rumput laut biasanya ditemukan dan dibudidayakan di sekitar pantai. Sementara itu, dalam hal gaya hidup, lingkungan tersebut biasanya menjadi sumber signifikan dimana ketersediaan nutrisi selalu ada. 

Rumput laut juga kaya akan vitamin B12, iodin, dan asam lemak tak jenuh ganda yang penting untuk perkembangan otak. 

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Phycology tersebut, para peneliti melihat bahwa silsilah manusia diperkirakan telah menyimpang dari kerabat paling dekat, yaitu simpanse, sekitar 5-7 juta tahun yang lalu.

(Baca juga: Ekstrak Rumput Laut Bisa Obati Radang Usus?)



Perubahan pola distribusi sumber daya, yang berkaitan dengan pengeringan dan perluasan padang rumput Afrika pada dua juta tahun lalu mendorong terjadinya pergeseran perilaku mencari makan. Mereka mencari makan dengan jarak yang lebih jauh dan hal tersebut menimbulkan perubahan bentuk tubuh dan pola makan. 

Wilayah pesisir dinilai lokasi yang menguntungkan untuk mencari makan. 

"Nenek moyang kita menemukan bahwa makanan seperti ikan, krustasea, siput, rumput laut, telur burung dan mungkin sesekali vertebrata laut mati. Namun mereka kurang paham dengan siklus pasang surut di pantai sehingga tak baik dalam hal mengatur ketersediaan bahan makanan, seperti kerang," papar para peneliti. 

Di sisi lain, rumput laut yang memilik banyak jenis mudah ditemukan di seluruh zona pasang surut dan mudah dikembangbiakkan. 

"Rumput laut adalah makanan sehat dan bergizi bagi manusia, dari jutaan tahun lalu hingga sekarang," kata Mouritsen.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2mkUPxQ; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Rumput Laut Pengaruhi Perkembangan Otak dari Masa ke Masa
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rumput Laut Pengaruhi Perkembangan Otak dari Masa ke Masa"

Post a Comment

Powered by Blogger.