Search This Blog

Mengolah Dokumen yang Masih Layak Disimpan dan yang Dibuang

Metrotvnews.com, Jakarta: Sering kali orang gagal dalam mengatur penyimpanan dokumen penting di rumahnya. Hal ini disebabkan mereka bingung mana dokumen yang masih harus disimpan dan dokumen yang harus dibuang.

Tak jarang, banyak dokumen atau catatan penting yang hilang di dalam rumah lantaran tidak menjaganya dengan baik. Melansir dari Popsugar.com, berikut dokumen yang penting untuk masih disimpan dan sudah waktunya dibuang:



1. Dokumen Anda yang sangat penting
Dokumen ini tidak ada penggantinya, seperti akta kelahiran, sertifikat ijazah tamat sekolah, kartu keluarga, dan lainnya. Ini merupakan dokumen Anda yang sangat penting. Simpan dalam satu wadah khusus dan terhindar dari rayap, perubahan cuaca, dan lainnya.

2. Pernyataan bank
Jika Anda sudah tidak menggunakan kertas, bank Anda umumnya akan menyimpan laporan Anda selama tujuh tahun. Jika Anda masih menyimpan dalam bentuk kerta, perhatikan jika ada yang sudah perlu dibuang, sebaiknya tidak Anda simpan lagi karena sudah tersimpan dalam bentuk soft copy.

(Baca juga: Tips Solusi Rumah Rapi)

3. Tagihan bulanan
Simpan tagihan tersebut maksimal sampai tiga bulan. Lewat dari tiga bulan, Anda bisa memutuskannya untuk dibuang. Cara lain, Anda bisa meyimpannya ke dalam soft copy di komputer.

4. Akun kredit
Kecuali Anda memerlukannya untuk tujuan pajak atau memiliki pinjaman, laporan terhubung ke rekening kredit dapat dibuang setelah Anda mengonfirmasi secara akurat kepada pihak yang terlibat. 

5. Asuransi
Menyingkirkan setiap kebijakan yang sudah kadaluarsa, tetapi menyimpan surat-surat yang terhubung ke pambayaran asuransi.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2mgUsnq; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Mengolah Dokumen yang Masih Layak Disimpan dan yang Dibuang
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengolah Dokumen yang Masih Layak Disimpan dan yang Dibuang"

Post a Comment

Powered by Blogger.