Search This Blog

Cara Mudah Berhenti Merokok

Metrotvnew.com, Jakarta: Bila Anda adalah seorang perokok dan berniat untuk berhenti merokok, itu adalah pilihan yang baik. Tapi mungkin Anda bingung dan tak tahu dari mana harus memulainya, sementara rasa ingin merokok tak bisa dibendung.

Nikotin, zat utama dalam sebatang rokok adalah sebab mengapa seseorang bisa menjadi ketagihan untuk terus menghisapnya. Rokok juga dikenal sebagai karsinogen yang dapat menyebabkan beberapa kanker, seperti paru-paru, mulut, laring, tenggorokan, liver, lambung, rektum dan lainnya.

Lebih dari itu, rokok dapat menyebabkan penyakit lain seperti asma, sinusitis, bronkitis, sistem kekebalan tubuh melemah, penurunan kepadatan tulang, kelelahan dan masih banyak lagi. 

Langkah awal yang bisa dilakukan agar Anda bisa berhenti merokok adalah dengan menyadari betul-betul bahwa kebiasaan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Atau Anda dapat melakukan terapi, seperti akupuntur yang dinilai efektif membantu berhenti merokok.

Berikut adalah beberapa cara lainnya untuk membantu Anda berhenti merokok dan yang paling banyak dilakukan:



1. Motivasi diri
Buatlah catatan berisi motivasi untuk diri sendiri. Anda bisa menempelkannya di meja kerja, lemari es, mobil, kamar dan lainnya. Ini akan menjadi pengingat yang dapat membantu Anda berhenti merokok.

2. Olahraga
Setiap kali Anda memiliki hasrat merokok, alihkanlah perhatian dengan beberapa latihan kesehatan (olahraga). Seperti berlari, dan melakukan beberapa bentuk olahraga ringan lainnya. Proses kimia yang diproduksi dari otak selama olahraga dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

(Baca juga: Apa yang Dikatakan oleh Hobi Anda?)

3. Mencari dukungan
Seorang suporter atau pendukung akan selalu membantu mengingatkan Anda untuk berhenti merokok. Mintalah bantuan teman atau pasangan bahkan keluarga untuk mendorong dan mendukung Anda berhenti merokok.

4. Hindari alkohol
Banyak orang yang dorongan merokoknya muncul ketika mereka mengonsumsi alkohol bersamaan dengan orang di sekelilingnya. Jadi hindarilah alkohol ketika Anda mencoba untuk berhenti merokok.

5. Hobi baru
Alihkan perhatian Anda terhadap hobi baru yang bisa menahan keinginan untuk merokok. Seperti misalnya melukis, menyanyi, atau membuat kerajinan tangan. Biarkan diri Anda menikmati dan menekuni hobi baru ini, dengan demikian rasa ingin merokok pun bisa teralihkan.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2mnP167; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Cara Mudah Berhenti Merokok
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Mudah Berhenti Merokok"

Post a Comment

Powered by Blogger.