Search This Blog

Tanda Leukimia yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar sel-sel darah baru yang diproduksi tubuh berasal dari sumsum tulang Anda. Ini merupakan zat lemak yang ditemukan dalam jumlah besar pada bagian tulang.

Bagi penderita leukimia, satu sel darah tersebut bermutasi baru dan menjadi kanker. Kemudian, mulai berkembang biak atau membuat salinan dirinya sendiri. Itulah yang menyebabkan penyakit dapat berkembang.

Spesialis informasi The Leukemia & Lymphoma Society’s Information Resource Center, Meredith Barnhart menjelaskan, ada beberapa subtipe leukimia yang didefinisikan oleh jenis sel darah yang bermutasi juga bagaimana awal prose produksi sel yang bermutasi.

Para ahli menjelaskan bahwa ketika leukimia menyerang, tidak ada satu tanda ataupun gejala. Gejala kanker berdasarkan pada subtipenya. Tapi, ada beberapa gejala yang tumpang tindih dan cenderung muncul di antara mereka yang menderita tipe lebih umum leukimia pada orang dewasa.

Ada beberapa tanda leukimia atau kanker darah yang harus diwaspadai seperti berikut.



1. Kulit pucat
Ketika leukimia berkembang, sel-sel darah baru yang rusak akibat kanker dapat menguasai sumsum tulang, sehingga sulit bagi sel-sel yang sehat untuk tumbuh. Karena sel-sel yang sehat lebih sedikit, Anda dapat mengembangkan anemia yang bisa membuat kulit terlihat pucat. Anemia juga bisa membuat tangan Anda terasa dingin sepanjang waktu.

2. Kelelahan
Seperti gejala penyakit pada umumnya, kelelahan juga bisa jadi tanda dari leukimia. Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu dan merasa kekurangan energi, kunjungi dokter. Anemia juga bisa jadi penyebab kelelahan Anda.

(Baca juga: Mengenal Penyakit Leukemia Granulostik Kronik)

3. Infeksi atau demam
Sel darah Anda adalah komponen penting dari sistem kekebalan tubuh Anda. Jika mereka tidak sehat, seperti halnya leukimia, Anda akan sering sakit. Infeksi atau demam adalah salah satu gejala umum yang sering terjadi.



4. Sesak napas
Seiring dengan perasaan energi yang lemah, sesak napas adalah salah satu tanda yang harus diwaspadai. Aktivitas fisik dapat membuat Anda kehabisan napas dan merasa sesak.

5. Kesembuhan yang lambat
Jika luka atau goresan pada anggota tubuh lama sembuh, atau Anda merasa seperti mudah memar, ini bisa jadi gejala yang mengindikasikan jenis pergeseran sel darah yang berhubungan dengan leukimia. Titik-titik merah kecil pada kulti Anda juga bisa merupakan hasil leukimia.

Selain gejala di atas, ada beberapa gejala lain yang juga bisa jadi tanda leukimia seperti berkeringat di malam hari, pegal atau nyeri sendi, kelenjar bengkak atau pendarahan hidung. Sedangkan, penurunan berat badan tidak selalu jadi tanda leukimia. Ini berdasarkan subtipe leukimia yang diderita. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2innoX3; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Tanda Leukimia yang Harus Diketahui Setiap Wanita
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tanda Leukimia yang Harus Diketahui Setiap Wanita"

Post a Comment

Powered by Blogger.