Search This Blog

Kurang Asupan Garam Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asupan garam yang terlalu rendah di bawah rekomendasi dan aturan kesehatan dapat meningkatkan risiko serangan jantung yang fatal.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), asupan garam yang disarankan pada orang dewasa adalah kurang dari lima gram per hari.

Para peneliti dari Kanada menekankan bahwa peningkatan asupan garam hingga batas maksimum juga menjadi hal penting, di kala ada kontradiksi yang mengungkapkan kelebihan garam dapat meningkatkan risiko penyakit serius.

"Adalah sia-sia mengurangi asupan garam, justru berbahaya. Beberapa studi menyebutkan hanya mengonsumsi tiga gram sodium per hari dapat meningkatkan risiko kematian, serangan jantung, dan gagal jantung," ujar Salim Yusuf, profesor di McMaster University, Kanada.

Ia menambahkan, pengurangan asupan garam dapat menurunkan keseimbangan alami tubuh.

Penemuan tersebut menjelaskan bahwa asupan sodium di bawah 2,3 gram perhari secara berkelanjutan tak baik bagi tubuh. Yusuf menyarankan, orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi sekitar 7,5 hingga 12,5 gm garam perhari atau setara dengan tiga sampai lima gram sodium.


 
Baca Berita Asal
Kurang Asupan Garam Tingkatkan Risiko Serangan Jantung
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kurang Asupan Garam Tingkatkan Risiko Serangan Jantung"

Post a Comment

Powered by Blogger.