Search This Blog

Diet dengan Buah, Perhatikan 5 Hal Ini

Metrotvnews.com, Jakarta: Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan. Tapi banyak dari kita yang belum mengerti bagaimana mengkonsumsi buah yang baik dan benar untuk diet.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi buah-buahan, berikut waktu yang tepat mengonsumsinya.


1. Waktu Terbaik
Hal pertama yang harus Anda lakukan di pagi hari adalah makan satu buah sebelum makan yang lain. Saat perut kosong, tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi sehingga lebih mudah memprosesnya.

Apabila Anda merasa lapar dan ingin makan camilan sebelum tidur, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan. Buah terbaik yang bisa menjadi pilihan, antara lain apel, pisang, kiwi dan ceri. Keempat buah tersebut mengandung serotonin alami, melatonin dan triptofan yang menenangkan dan membantu mendapatkan tidur berkualitas. Hindari buah-buahan seperti mangga dan anggur, yang justru dapat membuat otak aktif juga mengganggu tidur.

2. Peraturan
Perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki maag atau asam lambung, sebaiknya tak mengikuti langkah tersebut di atas. Demikian juga dengan orang yang fungsi lambungnya lemah, seperti balita dan orang tua. Hal ini karena beberapa buah-buahan seperti jeruk, nanas, cranberry, jeruk bali dan lainnya mengandung asam asetat, yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.

3. Bolehkah makan buah di antara makan besar?
Tentunya iya. Buah adalah camilan besar bila dimakan antara dua kali makan. Hal tersebut akan meningkatkan laju metabolisme dan mempertahankan kadar gula darah. Ketika Anda mengkonsumsi camilan sehat (buah) di antara waktu makan, tubuh tidak akan menyimpan lemak atau kelaparan.

4. Waktu yang Salah Mengonsumsi Buah
Seseorang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan setelah makan. Selama ini banyak yang percaya bahwa makan buah setelah makan dapat membantu proses pencernaan. Ini tidak benar. Buah-buahan juga mengandung pemanis alami dan juga kalori. Jadi mengkonsumsi buah setelah makan, justru akan menambah kalori.

5. Batasi Buah yang Terlalu Manis
Buah-buahan yang mengandung rasa manis alami tinggi seperti delima, mangga, anggur, leci dan semangka harus dikonsumsi dalam jumlah sedang, terutama bagi mereka yang kadar gula darahnya tinggi. Sementara buah yang baik dikonsumsi bagi mereka yang berkadar gula darah tinggi adalah pepaya, markisa, nanas, plum, raspberry, pir, stroberi, peach dan apel.

 
Baca Berita Asal
Diet dengan Buah, Perhatikan 5 Hal Ini
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Diet dengan Buah, Perhatikan 5 Hal Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.