Search This Blog

Buah dan Sayur Bantu Tingkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak

Metrotvnews.com, Jakarta: Manfaat buah dan sayur nyatanya tak hanya sebatas memenuhi kebutuhan serat, tetapi juga meningkatkan kemampuan belajar pada anak.

"Ini karena buah dan sayur mengandung banyak serat, baik yang larut dalam air maupun tidak. Untuk meningkatkan kemampuan belajar, serat tak larut berperan penting," jelas konsultan gastrohepatologi anak dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp.A(K) dalam peluncuran program SGM Eksplor: PAUD Healthy Eating Habit (HEH), Kamis (9/3/2017).

Serat yang tak larut dalam air masuk ke dalam usus halus dan usus besar dimana nantinya akan difermentasikan oleh bakteri baik dalam saluran pencernaan. Dalam proses tersebut, bakteri tersebut mengubah serat menjadi gas dan asam lemak rangtai pendek.

Dari sekian banyak jenis lemak yang dihasilkan, lemak butirat yang banyak diproduksi oleh tubuh nantinya akan diserap oleh dinding pembuluh darah dan membuat sirkulasi darah menjadi lancarsupaya anak mmapu berkonsentrasi dengan lebih baik.

"Selain itu, makan buah dan sayur juga dapat membuat anak menjadi senang karena memicu pengeluaran hormon serotonin. Jadi anak tak gampang marah-marah atau rewel," tambahnya.

Sebagai informasi, sebanyak 85 persen serotonin diproduksi dalam saluran pencernaan.
Baca Berita Asal
Buah dan Sayur Bantu Tingkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Buah dan Sayur Bantu Tingkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak"

Post a Comment

Powered by Blogger.