Search This Blog

Efek Pass-out Challenge, dari Merasa Fly Hingga Kematian

Metrotvnews.com, Jakarta: Tren Pass-out Challenge atau Skip Challenge yang kini tengah digadrungi anak muda atau pelajar tanah air rupanya memberi efek tak baik bagi tubuh. 

Aktivitas menahan napas sambil menekan dada keras tersebut membahayakan karena membuat beberapa oragan tubuh, seperti jantung dan paru, tak dapat mengembang dengan baik sehingga sirkulasi aliran darah secara keseluruhan pun terganggu. 

Selain itu, permainan tersebut dapat memberi efek seperti perasaan fly, kejang, pingsan, hingga kematian. 



"Perasaan fly bisa muncul karena seseorang kekurangan asupan oksigen dalam tubuh. Normalnya itu tak bisa bertahan lama, maksimal dua menit, itu saja sudah lama," ujar Dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP(K), FIHA dari RS Harapan Kita, Jakarta saat dihubungi Metrotvnews.com, Jumat (10/3/2017). 

Perasaan tersebut adalah pertanda bahwa sirkulasi oksigen dalam tubuh mulai terganggu dan bila terus berlanjut maka dapat menyebabkan seseorang menjadi pingsan. 

(Baca juga: Kenali Tanda-tanda Setelah Anak Anda Bermain "Pass-out Challenge")

Umumnya, perasaan fly atau pingsan hanya terjadi dalam hitungan detik dimana kemudian orang tersebut akan kembali normal dan tidak mengalami masalah organ dalam. 

Sementara, skenario terburuk dari efek pass-out challenge adalah kematian mendadak. 



Mengapa bisa berakibat sefatal itu?


"Kemungkinan orang tersebut memiliki masalah di otak atau kelainan pembuluh darah saat gangguan sirkulasi darah dan oksigen sampai ke otak, atau bisa juga orang tersebut menjadi mengalami gangguan jantung, seperti kelainan irama jantung setelah melakukannya," jawabnya. 

Sementara itu, dr. Ario sendiri tak bisa memprediksi berapa lama waktu seseorang bisa mengalami berbagai efek berbahaya dari pass-out challenge, karena itu semua orang memiliki tolak ukur yang berbeda dalam hal kesehatan. "Ibaratnya seperti tahan napas, tak semua orang punya waktu yang sama," tukasnya. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2infSeE; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Efek Pass-out Challenge, dari Merasa Fly Hingga Kematian
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Efek Pass-out Challenge, dari Merasa Fly Hingga Kematian"

Post a Comment

Powered by Blogger.