Search This Blog

Perhatikan Ini Sebelum Ajari Anak Berpuasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengajarkan anak untuk berpuasa sebaiknya dimulai sejak dini. Bagaimanakah cara yang tepat untuk melatihnya?

"Sebelum melatihnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang jelas, fisik anak harus diperhatikan," ujar Vera ltabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Universitas Indonesia saat ditemui di Jakarta.

Fisik anak harus dalam keadaan sehat untuk menjalani puasa. Sebaiknya anak tak langsung menjalani puasa secara penuh, tapi bertahap.

Kedua, jangan memaksa anak untuk berpuasa. Ajaklah anak untuk melakukan ibadah tersebut dengan cara memintanya membantu memyiapkan hal-hal yang berhubungan sengan momen tersebut, seperti bangun untuk sahur atau membantu menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Dengan demikian, anak akan memiliki niat dari dalam untuk mencoba berpuasa.

Vera menambahkan, sebaiknya anak mulai diajarkan berpuasa sejak umur 5 atau 6 tahun. Tak hanya keluarga yang bisa membantunya belajar berpuasa, namun juga sekolah yang merupakan tempat kedua anak menghabiskan waktu.

 
Baca Berita Asal
Perhatikan Ini Sebelum Ajari Anak Berpuasa
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perhatikan Ini Sebelum Ajari Anak Berpuasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.