Search This Blog

Harap Maklum jika Lansia Mudah Tersinggung

Metrotvnews.com, Jakarta: Semakin tua usia, semakin banyak waktu luang yang dimiliki. Jika demikian, apa saja kegiatan yang sebaiknya dilakukan lansia agar tetap aktif dan bahagia?

"Di Indonesia, lansia sendiri akan tetap aktif karena mereka masih sering dimintai pendapat, terutama berkaitan dengan adat," jelas Vera ltabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Universitas Indonesia, pada acara peluncuran kampanye I Klop U di Jakarta.

Meski demikian, Vera menambahkan, akan ada beberapa penyesuaian yang dilakukan saat memasuki masa lansia.

Pertama, tingkat sosialisasi akan semakin meningkat. Ini artinya, lansia akan lebih sering mengadakan acara untuk bertemu dengan teman lama, atau biasa disebut reuni, karena hal tersebut jarang dilakukan saat masa produktif.

Kemudian, secara psikologis kaum lansia akan lebih sering merasa tersinggung karena adanya kelenturan emosi. Oleh karena itu, anggota keluarga yang lebih muda sebaiknya memaklumi dengan cara berempati.

Terakhir, lansia akan mengalami okupasi peran pekerjaan. Mereka akan lebih aktif dalam organisasi sosial sebagai bentuk perluasan definisi diri.

"Tapi kalau mereka ingin kerja ya jangan dilarang. Bekerja itu bukan hanya soal cari uang, tapi juga kepuasan batin," tutupnya.
Baca Berita Asal
Harap Maklum jika Lansia Mudah Tersinggung
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Harap Maklum jika Lansia Mudah Tersinggung"

Post a Comment

Powered by Blogger.