Search This Blog

Studi: Penderita Serangan Jantung Alami Masalah Kehidupan Seks

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam JAMA Cardiology menunjukkan bahwa sebagian dari pria dan wanita mengalami masalah fungsi seksual setahun setelah mengalami serangan jantung.

Para peneliti menganalisa data dari 2.802 orang Amerika Serika dan Spanyol yang telah mengalami serangan jantung dan mengawasi pada tahun berikutnya. Para responden berusia 18-55 tahun yang aktif secara seksual, di mana 20 persen serangan jantung terjadi pada rentan usia tersebut.

Lebih dari setengah dari jumlah wanita dan hampir setengah dari jumlah pria mengalami masalah fungsi seksual setahun setelah terkena serangan jantung. Masalah yang paling umum adalah hilangnya hasrat dan masalah pelumas pada wanita, sementara pria mengalami masalah ereksi dan berkurangnya hasrat.

Penulis studi Dr Stacy Lindau, profesor kebidanan atau ginekologi dan obat-geriatri sekaligus direktur dari Program Pengobatan Seksual Integratif di University of Chicago mengungkapkan bahwa kemungkinan itu berasal dari campuran masalah biologis dan psikologis.

"Seksualitas kebanyakan berhubungan dengan fenomeda pikiran dan tubuh. Banyak orang yang khawatir jika berhubungan seksual setelah terkenan serangan jantung akan memicu hal yang lain," katanya.

Namun, ia menambahkan, beberapa pasien menjadi lebih dekat dengan pasangannya setelah mengalami serangan jantung di mana lebih menginvestasikannya ke dalam kehidupan seks untuk menghargai pasangan mereka.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak yang mengalami hal pertama. Namun, ada juga responden yang tak mengalami perubahan.

"40 persen wanita dan 50 persen pria yang tidak memiliki masalah sebelum serangan jantung melaporkan bahwa mereka tidak mengalami perubahan," tukasnya.

Temuan lain yang serupa bisa menunjukkan langkah selanjutnya yang sebaiknya diambil untuk mengatasi hal tersebut.

"Kebanyakan mereka yang pernah mengalami serangan jantung ingin kembali ke kehidupan seksua mereka, hal tersebut adalah elemen penting untuk membantunya pulih," katanya.

Kini, para dokter tahu apa masalah yang dihadapi para pasiennya sehingga bisa memberitahu pasien apa yang harus dilakukan.

 
Baca Berita Asal
Studi: Penderita Serangan Jantung Alami Masalah Kehidupan Seks
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Penderita Serangan Jantung Alami Masalah Kehidupan Seks"

Post a Comment

Powered by Blogger.