Search This Blog

7 Bahan Alami untuk Mengobati Endometriosis

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah perempuan yang mengidap endometriosis semakin banyak.

Endometriosis merupakan sebuah kondisi dimana tumbuhnya jaringan yang serupa dengan dinding rahim (endometrium), di luar rahim (uterus). Hal ini menimbulkan reaksi peradangan yang lama sehingga menimbulkan jaringan parut.

Pertumbuhan jaringan ini biasanya terbentuk akibat darah haid yang seharusnya keluar, berbalik arah ke organ lain. Endometrium menempel pada bermacam-macam organ, seperti indung telur, saluran pencernaan, saluran kencing, vagina, hingga ke usus.

Tak hanya perempuan usia dewasa yang bisa mengalami penyakit ini. Endometriosis juga bisa menyerang remaja muda di usia 16 tahun. Sayangnya, tidak ada gejala apapun dari penyakit ini sehingga hanya sedikit yang menyadari dirinya memiliki endometriosis.

Pengobatan alami untuk endometriosis lebih menarik bagi perempuan. Pasalnya, mereka cenderung takut efek samping obat-obatan kimia bisa mempengaruhi sistem reproduksi

Delapan obat-obatan berikut ini terbuat dari bahan alami dan bisa Anda buat sendiri di rumah.

1. Kunyit

Kurkumin dalam kunyit dikenal memiliki manfaat anti peradangan dan membantu mengobati endometriosis. Tambahkan satu sendok teh kunyit ke air mendidih, tambahkan bubuk jahe, satu sendok teh madu dan perasan lemon. Minumlah satu kali sehari.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu obat terbaik anti peradangan. Ambil sedikit potongan jahe, parut dan masak dengan air hingga mendidih. Biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan satu sendok teh madu, minum 2-3 kali sehari.

3. Chamomile

Chamomile juga dikenal mampu mengurangi peradangan yang memicu endometriosis. Anda bisa minum chamomile bubuk bersamaan dengan teh dan minum 2-3 kali sehari.

4. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa yang disebut indoles. Ini membantu untuk meningkatkan metabolisme estrogen yang bisa mengendalikan kondisi endometriosis.

5. Flaxseed

Flaxseed Sering dikenal juga dengan benih lenan. Bahan yang satu ini memiliki sifat antioksidan dan kandungan asam lemak omega 3. Flaxseed bermanfaat untuk mengobati endometriosis dan membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

6. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega 3. Komponen dalam minyak ikan membantu mencegah pertumbuhan sel-sel endometrium.

Minum satu sendok teh minyak ikan setiap pagi dan sore hari untuk hasil terbaik.

7. Biji adas

Biji adas bisa digunakan untuk mengatasi endometriosis. Cobalah ambil beberapa biji adas, masukkan ke dalam kain bersih, gosok dan cium aromanya. Anda juga bisa merebus satu sendok teh biji adas dan minum seperti teh.

 
Baca Berita Asal
7 Bahan Alami untuk Mengobati Endometriosis
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Bahan Alami untuk Mengobati Endometriosis"

Post a Comment

Powered by Blogger.