Search This Blog

Pemanis Buatan Tak Sebabkan Kanker

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang mencemaskan efek samping dari pemanis buatan bebas kalori yang digunakan dalam berbagai jenis makanan, seperti makanan rendah kalori, minuman bersoda, hingga permen karet. Namun, sebuah studi mengklaim bahwa pemanis tersebut ternyata tidak berisiko menimbulkan kanker dan aman dikonsumsi.

"Studi terbaru tentang sukralosa seharusnya berfokus pada para penggunanya, yang dalam hal ini menguntungkan para ilmuwan dan pelayan kesehatan karena dicari untuk memberikan informasi pada keamanan pemanis tersebut," tukas pemimpin studi Colin Berry, profesor emeritus patologi di University of London.

Pemanis buatan rendah kalori adalah pilihan logis bagi masalah kesehatan yang berkaitan dengan kelebihan berat badan, yaitu obesitas. Namun, beberapa orang mengaku curiga pada efek sampingnya, seperti menyebabkan kanker.

Untuk membuktikannya, para peneliti melakukan kajian studi potensi karsinogen dalam sukralosa dengan acuan pada badan pengaturan nasional dan internasional terkait rekomendasi keamanan bahan makanan baru.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer tersebut menemukan, bahkan dengan tingkat paparan yang beberapa kali lipat lebih besar dari rekomendasi asupan harian, sukralosa tidak menunjukkan adanya aktivitas karsinogenik.

"Kekhawatiran tersebut muncul karena gaya hidup lain yang memengaruhi adanya risiko terkena kanker," tambah Berry.

Ia mengungkapkan bahwa merokok, paparan sinar matahari, dan obesitas masuk di dalamnya.

Namun, meskipun pemanis buatan memang dibutuhkan untuk mengontrol berat badan, pemakaian seumur hidup masih perlu diteliti lanjut.

 
Baca Berita Asal
Pemanis Buatan Tak Sebabkan Kanker
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemanis Buatan Tak Sebabkan Kanker"

Post a Comment

Powered by Blogger.