Search This Blog

Ini Penyebab Ibu Hamil Mengalami Insomnia

Metrotvnews.com, Jakarta: Insomnia adalah gangguan tidur yang banyak dialami berbagai kalangan orang, termasuk juga ibu hamil. 

"Ibu hamil mengalami insomnia karena mengalami kondisi psikis dan psikososial yang menjadi faktor pencetus," terang dr. Astuti SpS (K) - Spesialis Saraf & Neurologi dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta dalam acara diskusi 'Bahaya Insomnia dan Hubungannya dengan Penyakit Komplikasi Lainnya', Jumat (18/11/2016).

Ia menambahkan, baik hamil pertama maupun berulang, kadang mengalami gangguan tidur tersebut. 

Untuk mereka yang pertama kali hamil, kecemasan seperti bagaimana perkembangan anak, persiapan yang harus dilakukan, dan berbagai hal lain yang baru pertama kali dilakukan akan membuat mereka kesulitan tidur. 

Selain itu, faktor perubahan hormonal pun ikut berperan dalam menimbulkan insomnia, baik untuk kehamilan pertama atau bukan. 

(Baca juga: Tips Tidur Nyenyak Saat Hamil)

"Apalagi jika kehamilan tidak direncanakan, istilahnya kebobolan, untuk mereka yang hamil berulang. Tentu hal ini akan membuat cemas," tambahnya. 

Nomalnya, kesulitan tidur mencapai puncaknya pada kelompok usia 65-69 tahun, yaitu terdapat pada 40 persen wanita (terutama setelah menopause) dan 25 persen pria.

"Wanita menopause lebih sering mengalami insomnia karena adanya faktor hormonal dimana estrogen sudah tak terproduksi lagi sehingga memengaruhi beberapa fungsi tubuh, termasuk dalam hal tidur," jawabnya.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2gmG6Qk; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Ini Penyebab Ibu Hamil Mengalami Insomnia
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Penyebab Ibu Hamil Mengalami Insomnia"

Post a Comment

Powered by Blogger.