Search This Blog

Tips Cegah Malnutrisi pada Vegetarian

Metrotvnews.com, Jakarta: Pola makan vegetarian, ditinjau dari segi kesehatan secara keseluruhan, memiliki manfaat lebih baik ketimbang terlalu banyak makan daging.

Namun, tak jarang, para vegetarian mengalami malnutrisi karena kurangnya pengetahuan terhadap gizi penting yang semestinya dikonsumsi. Lemas dan tak bersemangat, adalah salah satu ciri malnutrisi.

Pakar nutrisi Rene Ficek, RD menjelaskan, malnutrisi yang terjadi pada vegetarian disebabkan kurangnya jumlah asupan mineral dan vitamin tertentu.

Saat memutuskan menjadi vegetarian, pastikan kecukupan vitamin dan mineral terpenuhi.

1. Zat Besi

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein yang membawa oksigen untuk kehidupan sel. Tanpa zat besi, Anda akan merasa pusing, lelah, dan lemah.

Berapa zat besi yang diperlukan tubuh? Perempuan dan laki-laki di atas usia 50 tahun membutuhkan 8 miligram zat besi dalam sehari. Sementara mereka yang lebih muda, butuh sekitar 18 miligram per hari.

Kandungan zat besi yang tinggi terdapat dalam kacang-kacangan, polong-polongan, bayam, dan sereal. Agar zat besi lebih mudah diserap tubuh, Rene menyarankan untuk mengonsumsi sumber vitamin C yang terdapat pada paprika dan jeruk.

"Hindari juga kopi dan teh karena senyawa kafein dapat menghambat penyerapan zat besi," kata Rene.

2. Asam lemak omega-3

Perubahan kebiasaan makan membuat vegetarian pemula menjadi sedikit gelisah. Dalam hal ini, asam lemak omega-3 merupakan sumber gizi yang baik untuk meningkatkan suasana hati.

Menjadi vegetarian bukan berarti harus menghindari semua produk hewan. Jangan takut mengonsumsi ikan. Sebab, pada ikan terdapat asam lemak omega-3 yang melimpah. Yang terpenting, olah ikan dengan cara yang baik, misalnya direbus.

Asupan omega-3 yang harus dipenuhi setiap harinya adalah 500 miligram.  Selain ikan, asam lemak omega-3 juga terdapat pada minyak kenari, dan minyak zaitun.

3. Vitamin D

Vitamin D tak hanya berperan dalam penyerapan kalsium, tetapi juga meningkatkan suasana hati. Vitamin D juga membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik. Tubuh memerlukan 600 IU vitamin D per hari. Vitamin D tak hanya terdapat pada susu, tetapi juga telur.

Sebagai catatan, Anda boleh memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral di atas dengan tambahan suplemen, jika lewat asupan makanan saja tidak cukup.

 
Baca Berita Asal
Tips Cegah Malnutrisi pada Vegetarian
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Cegah Malnutrisi pada Vegetarian"

Post a Comment

Powered by Blogger.