Search This Blog

Tips Bantu Anak Tingkatkan Kreativitas

Metrotvnews.com, Jakarta: Perkembangan kreativitas anak dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satunya lingkungan di sekitar. Sebagai orangtua, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengembangkannya secara maksimal.

Pertama, memperluas wawasan kognitif anak dengan memberi banyak pengetahuan untuk membuat anak semakin cerdas secara logika.

Kedua, pengalaman emosi anak perlu diperkaya melalui pengalaman-pengalaman yang dihadapi anak.

"Pengalaman emosi seperti gagal, berhasil, menang, kalah, atau marah penting untuk pengembangan kreativitas," ujar psikolog Retno Dewanti Purba dalam acara talkshow Creative Thinking for Creative Child persembahan Sampoerna Academy dan Joy Parenting, di Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

Kemudian, pengalaman sosial pun perlu diperbanyak agar memiliki koneksi di masa depan kelak. Semakin banyak sosialisasi yang dilakukan, maka semakin tinggi tingkat kreativitasnya karena anak dipertemukan dengan berbagai jenis orang yang semakin membuat pikirannya terbuka.

Ketrampilan anak juga perlu diperhatikan. Pada tahap ini  orangtua harus jeli dalam melihat sinar atau bakat anak dan menuntunnya untuk bisa berkembang sehingga memberi manfaat bagi anak sendiri.

Dalam kreativitas, proses dianggap lebih penting daripada hasil. Oleh karena itu, hindari evaluasi atau sikap menghakimi karena itu akan memengatuhi kreativitas anak berkembang.

Orangtua sebaiknya tak langsung memutuskan tanpa mendengar alasan anak dalam setiap tindakan yang dilakukan. Di sinilah anak bisa mulai mengembangkan kreativitas yang dimiliki dengan bertanggungjawab karena selalu memiliki alasan untuk melakukannya.

Terakhir, tumbuhkan keberanian dalam diri anak untuk mencoba. Ini mrmang langkah yang sulit, namun dampak dari itu akan berpengaruh sepanjang hidup bagi dirinya atau orang lain.

 
Baca Berita Asal
Tips Bantu Anak Tingkatkan Kreativitas
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Bantu Anak Tingkatkan Kreativitas"

Post a Comment

Powered by Blogger.