Search This Blog

Tips Mencegah Penyakit Stroke

Metrotvnews.com, Jakarta: Stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika suplai darah ke otak mengalami gangguan secara tiba-tiba yang bisa mengakibatkan kerusakan bahkan memarikan sel-sel saraf dalam otak.

Penyakit ini menjadi pembunuh kelas wahid di rumah sakit pemerintah di seluruh Indonesia. Stroke juga menempati peringkat ketiga penyebab kematian, setelah jantung dan kanker.

Kini, stroke bisa menyerang siapa saja, baik kaum lanjut usia maupun yang masih muda.Bahkan menurut survei pada 2004,  sekitar 12 juta penduduk Indonesia berumur lebih dari 35 tahun berpotensi terkena serangan stroke.

Dikutip Reuters, sebanyak 796 ribu orang dewasa di Amerika Serikat mengalami stroke. Di AS sendiri, stroke merupakan penyebab utama keempat terjadinya kematian.

Sebuah studi pada 2010 mengemukakan bahwa 90 persen penyakit stroke terjadi karena beberapa faktor. Seperti tekanan darah tinggi, obesitas (kelebihan berat badan) dan merokok.

Dokter Spesialis Syaraf RS Premier Jatinegara dr Sukono Djojoatmojo, SpS menjelaskan untuk bisa mencegah penyakit stroke bisa melakukan beberapa langkah. Utamanya dengan menerapkan pola hidup sehat di kehidupan sehari-hari.

"Stop merokok dan alkohol, mengkonsumsi makanan sehat dan rajin berolah raga bisa mencegah terserang penyakit ini," kata Sukono seperti dilansir Antara.

Jumlah pasien stroke meningkat tiap tahunnya. Salah satu penyebabnya yakni akibat dari gaya hidup yang buruk.

Hal serupa juga diungkapakan oleh Dr James Meschia yang merupakan salah satu penulis untuk American Association Stroke American Heart Association dalam Reuters.

"Berhenti merokok, obat-obatan dan operasi dapat membantu mengurangi resiko stroke secara substansial," kata Meschia.

Sementara itu dilansir dari Nytimes, spesialis pencegahan stroke di University of Western Ontario Dr David Spence juga mengingatkan bahwa untuk meghindari stroke, seseorang lebih baik berhenti merokok, mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta rutin memeriksakan atau mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Spence juga menyarankan untuk menjalani diet Mediterania tradisional. Di mana seseorang disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan makanan rendah kolesterol serta meminimalkan konsumsi hewani.

"Orang Amerika cenderung lebih sering makan daging. Saya merekomendasikan pasien saya untuk memakan sayuran tiap hari, dan saat mereka makan daging, ayam atau ikan di sela-sela (hari yang ditentukan makan sayur), porsinya harus seukuran telapak tangan mereka," ujar Spence.

Artikel ini dipersembahkan oleh:


Baca Berita Asal
Tips Mencegah Penyakit Stroke
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Mencegah Penyakit Stroke"

Post a Comment

Powered by Blogger.