Search This Blog

Menikmati Kuliner Seafood Khas Karimunjawa

Metrotvnews.com, Jepara: Berkunjung ke pantai, belum lengkap rasanya jika tak mencicipi hidangan laut khas daerah yang didatangi. Begitu juga jika Anda pelesir ke Karimun Jawa yang terletak di sebelah utara Jepara, Jawa Tengah

Aneka hidangan laut, mulai dari lobster, ikan bakar, kerang, cumi-cumi, dan udang akan sayang sekali jika Anda lewatkan.

Berbeda dengan di tempat lain, kuliner seafood di Karimun Jawa hanya bisa dinikmati pada malam hari di sepanjang alun-alun.

Seafood yang dijual pun rata-rata segar karena merupakan tangkapan nelayan pada sore harinya. Ikan bakar merupakan menu favorit pengunjung.

"Ikan yang kami gunakan masih segar, jadi ada semacam rasa manis. Proses membakarnya pun berbeda dengan pada umumnya. Kami pakai serabut kelapa sehingga ada cita rasa yang khas," ujar Muaminah, salah satu pedagang seafood di Karimun Jawa.

Ada berbagai jenis ikan laut yang akan memanjakan lidah Anda, di antaranya ikan kerapu, kakap merah, brona, dan ikan kue.


Soal harga, relatif murah, bergantung ukuran ikan yang dijual. Satu ekor ikan dibanderol harga Rp30 ribu-Rp80 ribu. Untuk udang, dibanderol dengan harga Rp25 ribu, berisi 10 buah ekor udang besar.

Seorang wisatawan asal Bogor, Avifah mengaku ketagihan setelah mencicipi ikan bakar khas Karimunjawa. Satu ikan brona berukuran besar habis dilahap sendiri. Usai menyantap satu porsi ikan bakar, Avifah mencicipi kerang rebus.

"Rasanya itu khas, beda dengan ikan bakar pada umumnya. Pokoknya, enak deh," ungkap Avifah.
Baca Berita Asal
Menikmati Kuliner Seafood Khas Karimunjawa
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menikmati Kuliner Seafood Khas Karimunjawa"

Post a Comment

Powered by Blogger.