Search This Blog

Zat Aktif Dalethyne Efektif Cegah Infeksi pada Luka

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim imunologi pascasarjana Universitas Airlangga (UNAIR)  mengumumkan hasil riset terhadap zat aktif dalethyne untuk mencegah infeksi pada luka.

Infeksi pada luka menjadi pintu gerbang terjadinya berbagai macam penyakit baru. Dikatakan mengalami infeksi, apabila telah terjadi penumpukan mikroorganisme pada luka. Hal itu ditandai dengan munculnya nanah atau bengkak. Dengan mencegah terjadinya infeksi, maka penyembuhan luka juga menjadi lebih cepat.

"Kami menemukan, bahwasannya zat aktif dalethyne dapat membunuh kuman-kuman secara total. Apabila terjadi infeksi pada luka, maka dalethyne dapat menjadi terapi utama di rumah sakit dan layanan kesehatan lain," ujar Koordinator Program Studi Imunologi, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga, Dr.dr Agung Dwi Wahyu Widodo, Msi, dalam edukasi kesehatan di Batur Room, Gedung WTC 1, Jakarta Pusat, Selasa (9/8/2016).

Dalam penelitian, Dr Agung bersama tim beranggotakan 10 orang. Mereka melakukan uji zat dalethyne yang terdapat pada produk Medcare yang diproduksi Dermozone Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, ahli bedah plastik yang melakukan perawatan pada pasien dengan luka kaki diebetes, Dr Donna Savitry, SpBP-RE mengemukakan, salep yang mengandung dalethyne secara lokal efektif mengeliminasi bau dan nanah.

Ini artinya, dalethyne berhasil membunuh kuman-kuman yang ada pada luka.

"Dalethyne mampu menciptakan kondisi aseptik (bebas kuman) pada luka, sehingga penyembuhan bisa lebih cepat. Dalethyne menyelamatkan banyak pasien saya dari amputasi," kata Donna.

Hingga saat ini, zat aktif dalethyne telah diuji di berbagai negara lain di dunia, seperti Inggris dan Malaysia. Zat aktif dalethyne, secara alami terdapat ada buah zaitun.
Baca Berita Asal
Zat Aktif Dalethyne Efektif Cegah Infeksi pada Luka
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Zat Aktif Dalethyne Efektif Cegah Infeksi pada Luka"

Post a Comment

Powered by Blogger.