Search This Blog

Waktu yang Tepat Mengajari Tugas Rumah Tangga Kepada Anak

Metrotvnews.com, Jakarta: Terkadang, ibu menghindari berbagi tanggung jawab dengan anak. Mereka menganggap bahwa anak yang masih kecil sebaiknya fokus untuk belajar di sekolah atau kegiatan lain yang tak berhubungan dengan pekerjaan rumah.

Padahal, hal tersebut justru akan membuat anak mulai belajar secara sosial untuk mandiri dan berempati.

"Sedini mungkin libatkan anak dalam hal membantu di rumah, seperti merapikan tempat tidur atau hal-hal sederhana lainnya," kata Vera Itabiliana, Psi., psikolog klinis anak dalam peluncuran kampanye #mommyslittlepartner, Rabu (10/8/2016).

Tak ada usia patokan untuk mulai bisa menjadikan anak sebagai mitra ibu. Hal yang terpenting adalah usaha anak untuk bisa melakukan hal-hal kecil dalam membantu ibu.

"Anak batita bisa mulai membantu ibunya dengan membereskan mainan sendiri. Meskipun tidak maksimal. Namun, setidaknya ada usaha," ujarnya memberi contoh.

Ia menambahkan, bila kebiasaan baik semacam itu tak dimulai sejak dini, maka anak akan memiliki rasa tanggung jawab atau empati yang lebih sedikit di masa remaja, dibandingkan dengan mereka yang sudah terlatih menjadi mitra ibu sejak kecil.

Namun, bukan berarti kebiasaan baik tak bisa diajarkan saat anak mulai beranjak dewasa.

" Jika ibu membutuhkan bantuan, komunikasikan saja dengan anak. Mencoba terbuka adalah salah satu cara yang baik agar anak pun mengerti dan tidak keberatan membantu," sarannya.

Vera menambahkan, sebaiknya anak diberi tugas sderhana yang membuat ia memiliki tanggung jawab yang besar dan berpengaruh untuk semua anggota keluarga, seperti mengisi tempat air minum atau merapikan ruang tengah dimana memiliki dampak untuk kenyamanan seluruh anggota keluarga.
Baca Berita Asal
Waktu yang Tepat Mengajari Tugas Rumah Tangga Kepada Anak
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Waktu yang Tepat Mengajari Tugas Rumah Tangga Kepada Anak"

Post a Comment

Powered by Blogger.