Search This Blog

Ringgo Dukung Istri Beri ASI Eksklusif

Metrotvnews.com, Jakarta: Bicara soal pemberian ASI (air susu ibu), tak hanya bersangkutan dengan ibu. Peran ayah juga penting, yakni sebagai motivator.

Ringgo Agus Rahman menyadari hal itu. Suami Sabai Morscheck ini selalu memberi dukungan agar istri berkomitmen penuh memberi ASI ekslusif selama enam bulan.

"Banyak informasi penting yang saya dapat tentang pentingnya ASI. Salah satunya, ASI dapat mencegah anak dari berbagai macam penyakit. Dengan ASI, saya ingin anak saya bebas dari penyakit," ujar Ringgo, dalam acara Pekan ASI Sedunia di kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Pada kesempatan yang sama, konselor laktasi Dr Falla Adinda membenarkan pentingnya ASI eksklusif pada enam bulan pertama kehidupan bayi.

ASI eksklusif didefinisikan sebagai pemberian ASI tanpa suplementasi makanan atau minuman lain, baik berupa air putih, jus, atau susu, selama enam bulan.

Mengapa ASI saja sudah cukup? Falla menjabarkan kandungan yang terdapat dalam ASI.

1. Air

ASI mengandung air sebanyak 87,5 persen di mana tak diperlukan lagi tambahan air walau cuaca sedang panas.

2. Karbohidrat

Karbohidrat utama dalam ASI adalah laktosa yang berfungsi sebagai energi untuk otak.

3. Protein

Terdapat kandungan whey dan kasein yang lebih besar daripada yang terdapat dalam susu formula, sehingga bayi tak kesulitan dalam pencernaan. Selain itu, terdapat asam amino taurin yang berperan besar dalam pertumbuhan otak dan nukleotida yang baik untuk perkembangan usus.

4. Lemak

ASI kaya akan lemak omega-3 dan omega-6, DHA (asam dokosaheksanoik), dan ARA (asam arakidonat) yang baik bagi pertumbuhan otak. Selain itu, lemak yang dihasilkan oleh ASI seimbang antara lemak jenuh dan lemak tak jenuh dibadingkan dengan lemak susu sapi yang lebih didominasi lemak jenuh.

5. Kartinin

Kartinin memiliki peran penting dalam proses pembentukan energi yang diperlukan untuk mempertahankan metabolisme tubuh.

6. Vitamin

Banyak vitamin yang terkandung dalam ASI, yaitu vitamin E yang berfungsi sebagai ketahanan sel darah merah, vitamin A yang berfungsi sebagai kekebalan tubuh dan pertumbuhan, vitamin larut dalam air (vitamin B, vitamin C, dan asam folat) yang berfungsi untuk perkembangan otak dan daya tahan tubuh, serta mineral berupa kalsium yang berperan dalam perkembangan otot, rangka, kemudian zinc untuk membantu metabolisme.

Baca Berita Asal
Ringgo Dukung Istri Beri ASI Eksklusif
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ringgo Dukung Istri Beri ASI Eksklusif"

Post a Comment

Powered by Blogger.