Search This Blog

Pedoman Makanan Pendamping ASI yang Baik untuk Bayi

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah enam bulan mendapat ASI ekslusif, bayi wajib mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI)

Namun, para ibu seringkali bingung makanan apa yang baik diberikan kepada bayi.

"MPASI baiknya dibuat sendiri di mana pada dua minggu pertama cukup makanan tunggal saja, artinya setiap kali makan satu menu makanan dulu dengan frekuensi dua kali sehari. Tetapi tiap makan menunya berbeda," ujar konselor laktasi dr. Ameetha Drupadi dalam Acara Pekan ASI Sedunia di kantor Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu (3/8/2016).

Pada minggu kedua, frekuensi pemberian MPASI ditambah menjadi tiga kali dengan menu makanan yang semakin bervariasi.

"Baiknya ada dua atau tiga jenis protein dalam MPASI. Lemak jangan dulu diberikan, kalau mau lemak bisa dalam bentuk minyak zaitun," sarannya.

Dr Ameetha juga memberi cara dalam membujuk anak agar mau diberi makanan pendamping ASI. Pasalnya, karena terbiasa hanya menyusui, anak seringkali tidak mau makan.

"Sebelum tidur diberi camilan atau minum supaya kenyang, atau kalau siang hari diajak bermain supaya fokusnya tidak ke ASI," tukasnya.

Ia tidak menyarankan cara penghentian ASI yang terlalu ekstrem seperti memberikan rasa pahit pada lidah anak karena hal itu dapat menimbulkan rasa trauma tersendiri yang tak baik dari segi psikologis.

 
Baca Berita Asal
Pedoman Makanan Pendamping ASI yang Baik untuk Bayi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pedoman Makanan Pendamping ASI yang Baik untuk Bayi"

Post a Comment

Powered by Blogger.