Search This Blog

Mencicipi Nasi Favorit Presiden Soekarno

Metrotvnews.com, Jakarta: Orang Indonesia seringkali merasa harinya belum lengkap jika belum makan nasi. Begitu juga dengan presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Pada eranya, Soekarno memiliki makanan favorit, yakni nasi Burih. Hidangan ini merupakan nasi pepes dengan campuran ati ampela, rempah-rempah, dan telur ayam muda. 

Penasaran bagaimana rasa makanan favorit presiden ini? Datang saja ke Kedai Ketan Susu yang berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. 

Iman Harahap, pemilik kedai ini merupakan cucu dari koki masak istana pada era presiden Soekarno. Awalnya, Iman adalah karyawan bank. Namun, karena ia memiliki hobi memasak, ia memutuskan untuk membuka bisnis kuliner.

"Apalagi ada menu warisan nenek, sayang kalau tidak dilestarikan," kata Iman.

Sesuai namanya, tempat makan ini juga menyediakan menu andalannya yang lain, yakni ketan susu. Menu ketan susu wajib dicoba karena rasanya yang berbeda dibandingkan ketan susu kebanyakan. 


(Foto: Zomato)

Iman mengatakan, ia menggunakan susu full cream untuk membuat ketan susu, dan menyajkannya dalam tiga rasa, yakni durian, srikaya, dan jagung.

"Jarang sekali ada ketan susu yang pakai susu full cream, ini improvisasi, yang menurut saya, membuat citarasanya semakin nikmat. Kalau soal varian rasa, saya terinspirasi dari keluarga. Misalnya rasa srikaya, itu karena ibu dari Bengkulu," tambah Iman. 

Harga makanan di Kedai ketan susu relatif standar. Untuk makanan utama, harganya antara Rp28 ribu-Rp35 ribu, makanan ringan, Rp20 ribu-Rp30 ribu, ketan susu Rp10 ribu-Rp15 ribu. 
Baca Berita Asal
Mencicipi Nasi Favorit Presiden Soekarno
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mencicipi Nasi Favorit Presiden Soekarno"

Post a Comment

Powered by Blogger.