Search This Blog

Ramadan Pengaruhi Turunnya Jumlah Wisman

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancangera pada Juni 2016 terhadap Mei 2016 turun 6,29 persen. Bila dibandingkan dengan Juni 2015, penurunan tercatat 1,69 persen.

Anggota Komisi X DPR, Ridwan Hisjam mengatakan, penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tersebut lantaran bertepatan dengan bulan Ramadan, sehingga mayoritas umat Islam tidak berwisata.

"Terutama dari negara tetangga dan Timur Tengah," ujar Ridwan melalui pesan singkatnya kepada Metrotvnews.com, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Dia menambahkan, berdasarkan data yang diperolehnya, jumlah wisatawan yang datang melalui pintu masuk Batam, Bandung, Jakarta, dan Surabaya mengalami penurunan. Sementara, pintu masuk Denpasar tetap mengalami kenaikan.

"Sehingga bisa ditarik kesimpulan penurunan itu karena di bulan Ramadan," tuturnya. 

Dia menambahkan, wisatawan asing dari negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam turun sekitar 40 persen.

"Sebagai info, jumlah wisatawan mancanegara Islam sekitar 20 persen dari total wisatawan mancanegara, sehingga total penurunan sebulan penuh Ramadan adalah 40 persen dikali 20 persen sama dengan delapan persen dari total wisatawan mancanegara," ujarnya.

Karena jumlah hari Ramadan pada Juni adalah 25 hari, maka perkiraan jumlah turunnya mencapai 6,6 persen. Namun pada faktanya, penurunan jumlah wisatawan mancanegara pada Juni 2016 bila dibandingkan Mei 2016 turun 6,29 persen.

"Namun untuk wisatawan nusantara berbanding terbalik dengan wisatawan mancanegara, di awal Ramadan memang turun 50 persen, namun di akhir Ramadan naik drastis 100 persen, sehingga total akan menjadi 150 persen bila dibandingkan dengan bulan bukan Ramadan," katanya.
Baca Berita Asal
Ramadan Pengaruhi Turunnya Jumlah Wisman
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ramadan Pengaruhi Turunnya Jumlah Wisman"

Post a Comment

Powered by Blogger.