Search This Blog

Mempercepat Penyembuhan Luka pada Penderita Diabetes

Metrotvnews.com, Jakarta: Terjadinya luka menjadi hal yang menakutkan penderita diabetes. Apalagi, jika sudah terjadi infeksi, bisa semakin sulit disembuhkan. Bahkan, berujung amputasi.

Indikasi adanya infeksi pada luka terlihat dari adanya nanah atau bengkak di sekitar luka.

Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, Dr Dona Savitry, SpBP-RE menjelaskan, untuk sembuh, luka harus melalui beberapa tahapan, yakni inflamasi-proliferasi-remodelling.

"Pada penderita diabetes, luka berkutat pada fase inflamasi. Penyebabnya karena sudah ada infeksi itu, makanya enggak sembuh-sembuh," jelas Dona dalam edukasi kesehatan di Batur Room, Gedung WTC 1, Jakarta Pusat, Selasa (9/8/2016).

Dona melanjutkan, harus dilakukan manajemen yang tepat agar luka bisa lanjut menuju fase proliferasi, dan kemudian remodelling.

"Kunci agar terjadi penyembuhan luka dengan cepat, yaitu luka harus dalam keadaan aseptik (bebas dari jamur, virus, kuman, bakteri, dan mikroorganisme lainnya). Luka juga harus dalam keadaan lembab, tidak basah ataupun kering," paparnya.

Penderita diabetes yang memiliki luka, harus datang ke dokter secara berkala untuk memastikan tidak ada infeksi di sekitar lukanya. Penanganan dengan salep juga akan dilakukan dokter agar luka cepat kering.

"Yang saya perhatikan, penderita diabetes itu malas kontrol ke dokter karena tidak mau merasakan sakit saat lukanya dibersihkan. Padahal, itu penting. Seperti saya katakan, luka bisa cepat sembuh kalau tidak ada mikroorganisme, dan kondisinya lembab," urainya. (Zat Aktif Dalethyne Efektif Cegah Infeksi pada Luka)

Bagaimana pun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dona menjelaskan, sebagian besar pengidap diabetes umumnya mengalami kerusakan saraf di beberapa bagian tubuhnya.

Hal tersebut membuat kulit (terutama kaki) menjadi mati rasa. Alhasil, mereka tidak sadar saat tubuh mengalami luka.

"Kadang menginjak sesuatu yang tajam lalu kaki terluka, tapi tidak terasa. Tahu-tahu lukanya sudah parah," kata dia.

Itu sebabnya, Dona mengimbau penderita diabetes untuk selalu menggunakan alas kaki dimana pun berada untuk mencegah luka. Selain itu, penderita diabetes juga harus rajin mengontrol area tubuhnya, untuk memastikan ada luka atau tidak.

 
Baca Berita Asal
Mempercepat Penyembuhan Luka pada Penderita Diabetes
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mempercepat Penyembuhan Luka pada Penderita Diabetes"

Post a Comment

Powered by Blogger.