Search This Blog

Mengenal Sekilas tentang Hepatitis A hingga E

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit hati hepatitis memiliki banyak jenis. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?

Penyakit hepatitis terdiri dari lima macam, yaitu A, B, C, D, dan E. Penyusunan penyakit tersebut pada dasarnya dibuat berdasarkan urutan penemuan.

"Banyak yang mengira satu sama lain berhubungan, atau menunjukkan tingkat kelas atau stadium. Namun, sebenarnya tidak. Karena genetik virusnya saja berbeda. Persamaannya hanya satu, menyerang organ hati," ujar dr. Irsan Hasan SpPD-KGEH dari Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia dalam acara edukasi media Hepatitis: Kenali, Deteksi, Obati di Jakarta, pada Selasa (9/8/2016).

Jenis hepatitis paling banyak di Indoneaia adalah hepatitis A yang penularannya melalui makanan. Oleh karena itu, penyakit ini kerap menimbulkan Kasus Luar Biasa (KLB). Hepatitis A bisa disembuhkan secara total dan tidak menimbulkan kekambuhan.

Namun, tidak demikian dengan hepatitis B. Jenis penyakit yang meular melalui darah dan cairan tubuh ini biasanya tertular melalui ibu ke anak atau secara vertikal.

Proses penularan tersebut 95 persen terjadi saat proses persalinan, meski tak menutup kemungkinan saat masa kehamilan.

"Hepatitis B paling sering terjadi karena bayi-bayi yang baru lahir tidak langsung divaksinasi, terutama di daerah-daerah terpencil. Para ibu membawa anak mereka setelah satu atau dua minggu. Saat itu, virus sudah masuk ke dalam sel inti tubuh," tambahnya.

Sama seperti hepatitis B, hepatitis C tidak memiliki gejala khas dan biasanya terlambat terdeteksi. Penyakit ini bersifat akut dan kronik sehingga bisa menyebabkan sirosis (pengerasan hati) dan kanker hati.

"Kasus yang biasanya terjadi di Indonesia adalah ketiga ini yang mendapat perhatian besar," ucapnya.

Sementara itu, hepatitis D biasanya menumpang pada jenis penyakit hepatitis lain di mana jika seseorang terkena hepatitis B, maka bisa jadi hepatitis D pun menghinggapinya. Namun, hepatitis D tak bisa berdiri sendiri.

Sedangkan hepatitis E penyebarannya juga bisa melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh virus. Virus ini akan lebih mudah menyebar pada daerah yang memiliki sanitasi buruk.
Baca Berita Asal
Mengenal Sekilas tentang Hepatitis A hingga E
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal Sekilas tentang Hepatitis A hingga E"

Post a Comment

Powered by Blogger.