Search This Blog

Jangan Mudah Percaya Mitos Seputar Penyakit Hepatitis

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang menggunakan obat herbal untuk mempercepat penyembuhan penyakit seperti hepatitis. Namun, menurut Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, obat herbal belum terbukti bisa menghilangkan virus penyakit.

"Belum ada bukti bahwa obat herbal mampu menghilangkan virus penyakit," ungkap dr. Irsan Hasan SpPD-KGEH dari Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia dalam acara edukasi media Hepatitis: Kenali, Deteksi, Obati di Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Meski begitu, Irsan tidak menampik bahwa beberapa tanaman herbal seperti temulawak, kulit manggis atau kurma dapat memperbaiki kerusakan pada organ hati. Namun, ia menyarankan agar penggunaan obat herbal sebagai suplemen saja, bukan obat utama.

Selain itu, ia juga menyarankan agar masyarakat tidak mudah percaya pada mitos seputar penyakit hepatitis terkait makanan, misalnya beberapa jenis makanan yang tak baik penderita hepatitis.

"Ada yang bilang jangan makan santan. Padahal, menurut sebuah penelitian santan justru bagus bagi perkembangan kesembuhan. Kemudian kopi juga. Bagi orang yang terbiasa dengan kopi, minuman bagus buat liver," terangnya.

Penderita hepatitis disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti buah atau sayur karena progresi dari penyakit tersebut salah satu penyebabnya adalah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Oleh karena itu, makanan seperti ini adalah penangkal yang tepat.

Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada organ hati manusia yang dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti virus, bakteri, obat-obatan, alkohol, dan zat berbahaya lainnya.

 
Baca Berita Asal
Jangan Mudah Percaya Mitos Seputar Penyakit Hepatitis
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangan Mudah Percaya Mitos Seputar Penyakit Hepatitis"

Post a Comment

Powered by Blogger.