Search This Blog

8 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Metrotvnews.com, Jakarta: Flu dan batuk berkepanjangan dapat menganggu produktivitas sehari-hari.

Batuk dan flu umumnya terjadi akibat perubahan cuaca. Namun, bila batuk dan pilek tak kunjung sembuh hingga beberapa pekan, kemungkinan penyebabnya karena hal berikut.

1. Saluran pernapasan terlalu sensitif

Saluran pernapasan akan menyempit kala flu dan batuk. Hal tersebut membuat virus menjadi sulit dijangkau oleh obat-obatan. Flu dan batuk menjadi tak kunjung sembuh.

2. Sinus

Adanya lendir yang berlebihan akibat sinus adalah salah satu penyebab batuk dan flu tak kunjung sembuh. Penyakit ini dikenal dengan sindrom batuk saluran pernapasan atas (UACS)

3. Asma

Ini adalah salah satu penyebab umum batuk berkepanjangan. Penyakit paru-paru ini membuat salurangudara pada paru-paru membengkak dan meradang. Ciri-ciri asma di antaranya dada terasa kaku, mengi, sesak napas, dan sulit tidur sepanjang malam.

4. Asam lambung (GERD)

Batuk kronik bisa terjadi jika asam perut mengalir di bagian penghubung antara perut dengan tenggorokan. Penyakit ini dikenal dengan gastroesophageal reflux (GERD).

5. Sleep apnea


Salah satu gejala dari sleep apnea selain insomnia adalah, tiba-tiba tersedak atau terengah-engah pada malam hari. Bahkan, sleep apnea bisa menyebabkan batuk kronis.

6.  Alergi

JIka batuk atau pilek muncul dalam situasi tertentu, kemungkinan Anda menderita alergi. Salah satu contohnya adalah alergi debu yang dapat menyebabkan Anda pilek atau batuk sementara.

7. Stres

Terlalu stres bisa menyebabkan seseorang menderita sakit ringan, namun tak kunjung sembuh. Misal, batuk dan pilek. Cobalah untuk rileks dan cukupi kebutuhan tidur selama 7-8 jam per hari.

8. Obat tekanan darah tinggi

Orang memiliki tekanan darah tinggi dan sedang mengkonsumsi obat kemungkinanan akan mengalamj batuk kronik. Enzim koversi angiotensin (ACE) di dalamnya menyebabkan batuk dan pilek yang berkepanjangan.
 

Baca Berita Asal
8 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "8 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.