Search This Blog

8 Langkah Mengatasi Kelelahan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kelelahan menjadi faktor yang menyebabkan seseorang menjadi tidak produktif. Istirahat cukup adalah cara terbaik untuk mengobati rasa lelah. 

Namun terkadang, istirahat saja tidak cukup untuk mengatasi kelelahan. Lakukan juga beberapa langkah di bawah ini agar tubuh kembali bugar.

1. Makan sedikit tetapi sering

Cara terbaik agar tubuh senantiasa berenergi ialah dengan makan makanan pokok tepat waktu, kemudian makan camilan sehat setiap tiga-empat jam. 

Para ahli menyarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Kebiasaan ini, selain menyehatkan pencernaan, membantu menyimpan cadangan energinya dengan baik. 

2. Memperbanyak latihan fisik

Anda mungkin merasa terlalu lelah untuk berolahraga. Akan tetapi, olahraga teratur membantu Anda merasa lebih bugar dan lebih bersemangat. 

Jika tidak bisa olahraga berat, berjalan kaki selama 15 menit saja sebenarnya sudah memberi banyak manfaat bagi tubuh. 

Saran para ahli, bangun kebiasaan olahraga secara bertahap selama beberapa minggu. Misal, minggu ini rutin berjalan kaki selama 15 menit, minggu kedua ditingkatkan menjadi 30 menit. Pada minggu ketiga, Anda boleh mengombinasi jalan kaki dengan aerobik lainnya, seperti bersepeda atau berenang. 

3. Menurunkan berat badan

Percaya atau tidak, berat badan yang berlebihan memicu kelelahan. Dengan kata lain, salah satu cara untuk mengatasi lelah adalah dengan mengurangi berat badan.

4. Tidur cukup

Tidur dan kelelahan memiliki korelasi yang sangat kuat. Saat lelah, sebaiknya baringkan tubuh dan pejamkan mata. Tidur merupakan istirahat terbaik untuk mengembalikan kebugaran tubuh. 

5. Mengurangi stres

Tidak dipungkiri, setiap manusia yang hidup pasti pernah merasa stres. Manajemen stres, adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Saat stres, cobalah melakukan beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan suasana hati, seperti mendengarkan musik. Menarik napas dalam-dalam juga mampu meredakan stres. 

6. Konseling

Ada bukti penelitian yang mengungkapkan, terapi prilaku atau terapi kognitif mampu melawan kelelahan. 

7. Mengurangi kafein dan alkohol

Terlalu banyak kafein dan alkohol di dalam tubuh juga memicu kelelahan. Coba kurangi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, cola, dan teh. Demikian pula dengan frekuensi minum-minuman beralkohol. 

8. Minum banyak air putih

Dehidrasi masuk dalam faktor penyebab kelelahan. Adapun ciri dehidrasi, bisa dilihat dari urin. Jika urin berwarna kuning pekat, artinya Anda mengalami dehidrasi. Cukupi kebutuhan air agar tubuh segar kembali. (Karina Yunita)
Baca Berita Asal
8 Langkah Mengatasi Kelelahan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "8 Langkah Mengatasi Kelelahan"

Post a Comment

Powered by Blogger.