Search This Blog

4 Penyebab Ruam Kemerahan pada Kulit Anak

Metrotvnews.com, Jakarta: Kulit anak masih sensitif dan rawan menderita ruam. Beberapa penyebab ruam pada umumnya akibat reaksi tubuh terhadap virus, bakteri, gigitan serangga, dan perubahan lingkungan.

Berikut, ulasan lengkap mengenai penyebab ruam kulit seperti dikutip Livestrong

1. Ruam merah akibat virus

Banyak virus yang dapat menyebabkan ruam kemerahan pada kulit, termasuk virus penyebab campak dan cacar. Virus menyebar melalui sistem pernapasan, misalnya dari bersin orang yang telah terkontaminasi virus tersebut. Umumnya manusia lumrah terkena penyakit ini, minimal sekali seumur hidup.

2. Panas

Ruam kemerahan akibat suhu udara yang panas biasanya terjadi di beberapa area seperti wajah, leher, dan bahu. Ruam terjadi karena kelenjar keringat tersumbat. Kondisi ini juga dikenal sebagai miliaria rubra, biasanya disertai rasa gatal dan nyeri.

3. Dermatitis

Dermatitis merupakan ruam kemerahan yang merupakan reaksi alergi terhadap obat atau bahan kimia tertentu.

4. Gigitan serangga

Ruam merah akibat gigitan serangga biasanya tak berlangsung lama. Mengobati ruam kemerahan akibat gigitan serangga umumnya juga lebih mudah, bisa dengan menggunakan minyak atau bedak.


Ruam kemerahan mungkin tampak sederhana. Namun, ada baiknya Anda jangan mengabaikan. Segera kunjungi dokter kulit untuk memastikan penyebab dan mendapatkan obat yang tepat.
Baca Berita Asal
4 Penyebab Ruam Kemerahan pada Kulit Anak
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Penyebab Ruam Kemerahan pada Kulit Anak"

Post a Comment

Powered by Blogger.