Search This Blog

3 Penyebab Jerawat Berulang Kali Muncul di Tempat yang Sama

Metrotvnews.com, Jakarta: Tumbuhnya jerawat pada area wajah tertentu bukan tanpa alasan. Jika diperhatikan, beberapa orang sering mengalami kemunculan jerawat di lokasi yang sama, berulang kali. Apa penyebabnya?

Joshua Zeichner, direktur riset dan klinik dermatologi di Moun Sinai Hospital New York City menjelaskan penyebab jerawat sering tumbuh di tempat yang sama

1. Kista

Jerawat tidak keluar, hanya membengkak di dalam kulit. Jerawat semacam ini disebut juga sebagai jerawat kista, dan sering muncul di tempat yang sama berulang-ulang.


Tak ada cara untuk mengobatinya selain menunggu jerawat itu hilang dengan sendirinya, atau langsung meminta dokter untuk menghilangkannya. Kemungkinan, dokter akan memberikan kortuson untuk menghilangkan jerawat.

2. Memencet jerawat

Memencet jerawat yang sudah matang tidak menjamin bisa mengeluarkan semua kotoran yang ada dalam jerawat. Memencet jerawat terkadang memicu peradangan.

Untuk  menghindari hal tersebut, Dr. Zeichner merekomendasikan menggunakan asam salisilat untuk menghilangkan minyak berlebih dan menjaga pori-pori agar tetap bersih usai memencet jerawat. Selain itu, gunakan juga produk yang mengandung benzoyl peroxide untuk membantu membunuh bakteri yang terletak di kulit dan menyebabkan jerawat.

3. Terus memegang wajah

Jika Anda memiliki kebiasaan meletakkan tangan pada wajah saat stres, kemungkinan jerawat akan tumbuh di tempat yang sama.

"Menyentuh wajah berulang kali di area yang sama dapat mendorong kotoran dan minyak ke dalam pori-pori sehingga menyebabkan jerawat," jelasnya.


Selain menghindari kontak antara wajah dan tangan, gunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk menjaga agar wajah tetap bersih dan perewatan benzoil peroksida untuk membunuh bakteri di sekitar jari.
Baca Berita Asal
3 Penyebab Jerawat Berulang Kali Muncul di Tempat yang Sama
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Penyebab Jerawat Berulang Kali Muncul di Tempat yang Sama"

Post a Comment

Powered by Blogger.