Search This Blog

Tak Selalu Tumor, Ini 7 Penyebab Benjolan di Ketiak

Metrotvnews.com, Jakarta: Benjolan sering dianggap sebagai indikasi tumor. Memang benar, namun tidak semua benjolan adalah tumor.

Ketiak merupakan daerah yang paling sering mengalami benjolan. Apa saja penyebabnya?

1. Rambut yang tidak tumbuh keluar

Benjolan pada ketiak bisa muncul karena rambut tidak tumbuh keluar, melainkan ke dalam. Cara mencukur  yang salah juga menjadi penyebab masuknya bakteri ke dalam pori-pori ketiak, sehingga membuat ketiak menjadi bengkak.

2. Deodoran

Beberapa orang alergi terhadap bahan-bahan yang terdapat dalam deodoran sehingga terjadi pembengkakan. Di samping itu, ada bahan deodoran yang mampu menutup pori-pori ketiak. Keringat yang tidak keluar membuat ketiak menjadi bengkak.

3. Hormon

Dalam beberapa kasus, produksi hormon tiroid yang berlebihan dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian bawah tangan. Bahkan, stres dapat menyebabkan benjolan pada ketiak.

4. Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan juga bisa menyebabkan pembengkakan, seperti vaksin flu atau vaksin lain yang menimbulkan rasa nyeri pada bagian tersebut.

5. Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening cenderung membengkak ketika memerangi infeksi virus, bakteri atau jamur. Daerah pembengkakan biasanya terletak pada daerah leher, daerah selangkangan, ketiak, dan sebagainya. Namun, bengkak akan menghilang dalam hitungan hari.

6. Infeksi

Kelenjar keringat yang sangat aktif di usia belia merupakan salah satu satu alasan terjadinya infeksi, yang membuat ketiak membengkak.

7.  Virus


Virus herpes, cacar air, herpes zoster, dan bahkan HIV dapat menyebabkan benjolan di bawah ketiak.
Baca Berita Asal
Tak Selalu Tumor, Ini 7 Penyebab Benjolan di Ketiak
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Selalu Tumor, Ini 7 Penyebab Benjolan di Ketiak"

Post a Comment

Powered by Blogger.