Search This Blog

Sebelum Terlambat, Kenali Gejala Serangan Jantung

Metrotvnews.com, Jakarta: Serangan jantung merupakan penyakit mematikan yang bisa datang sewaktu-waktu tanpa diduga. Bahkan, tak sedikit orang yang tidak menyadari dirinya mengalami serangan jantung karena tak menyadari gejalanya.
 
Bagaimana cara mengenali gejala serangan jantung? Dikutip Webmd, ahli jantung Shikhar Saxena mengatakan, gejala sesak jantung berawal dari hal-hal yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya, seperti nyeri dada yang baru pertama kali, dan nyeri dada yang membuat terbangun pada malam hari.
 
Selain itu, gejalanya dapat dilihat dari nyeri dada yang terjadi berulang kali setelah melakukan aktivitas ringan yang tak menguras energi.

"Jika Anda mengalami gejala-gejala yang belum pernah dimiliki sebelumnya, seperti ketidaknyamanan yang signifikan, Anda harus datang ke ruang gawat darurat untuk mendapat pertolongan," ujar Shikhar.
 
Gejala serangan jantung terhadap pria dan perempuan berbeda-beda, meskipun pada umumnya gejala tersebut datang dengan intens dan kadang datang tiba-tiba. Beberapa orang mengatakan, rasa sakit atau tekanan yang dirasakan terbangun secara peralahan-lahan
 
Seseorang mungkin mengalami serangan jantung jika merasakan nyeri yang meremas dada sebelah kiri, nyeri atau tekanan di tubuh bagian atas seperti leher, rahang, punggung, perut, di salah satu atau kedua lengan khususnya lengan sebelah kiri, sesak napas, tiba-tiba berkeringat, mual atau muntah, dan pusing.
 
"Rasa sakit sering berlangsung selama beberapa menit. Gejala ini bisa kian buruk jika melakukan aktivitas fisik berat atau stres emosional dan tidak bisa hilang dengan istirahat," ujar ahli jantung New York University Langone Medical Center Richard A. Stein.
 
Menurut Stein, gejala serangan jantung pada wanita kadang-kadang lebih ‘halus.’ Bahkan, gejala tersebut juga bisa lebih luas di seluruh tubuh bagian atas, dan perut.
 
"Perempuan mungkin mengalami sesak napas yang tidak biasa atau kelelahan yang tidak biasa, kadang merasa tidak bisa bergerak," paparnya.
 
Co-Direktur UCLA Center for Cholesterol and Management Lipid, Karol E. Watson menjelaskan, masalah jantung biasanya membuat dada sisi kiri bagian atas terasa sakit. Rasa sakit menjalar dari pusar hingga hidung dan menimbulkan ketidaknyamanan.
 
"Bisa juga gejala penyakit jantung berasal dari stres emosional atau fisik, dan hilang dengan istirahat,” kata Watson.
 
Hampir 15 persen pasien penyakit jantung tidak mengalami gejala, sehingga pasien tersebut tidak pernah tahu bahwa mereka sedang mengalami serangan jantung.
 
Watson memperingatkan agar Anda tak menganggap remeh gejala penyakit jantung tersebut. Jika merasakan nyeri yang tidak biasa, dan membuat rasa tidak nyaman, jangan abaikan. Segera periksakan diri Anda ke dokter.
 

Siapkan Proteksi Diri
 
Sedia payung sebelum hujan. Pepatah itu cocok menggambarkan pentingnya mempersiapkan proteksi diri sebelum penyakit datang menghampiri. Bentuk proteksi diri yang dapat Anda lakukan sejak hari ini ialah dengan memiliki asuransi kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan sangat penting untuk membantu pembiayaan pengobatan Anda dan keluarga, sekaligus melakukan perencanaan keuangan keluarga.
 
Penyakit jantung termasuk salah satu penyakit kritis yang tidak semua jenis asuransi kesehatan mengcover biaya pengobatannya. Namun, kini Anda tak perlu khawatir. Asuransi kesehatan Simas Sehat memberikan jaminan untuk pengobatan penyakit jantung, juga beberapa penyakit kritis lainnya.
 
Anda tak perlu khawatir dengan biaya premi yang harus dibayarkan karena Simas Sehat menyediakan beberapa plan yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi finansial. Tunggu apalagi? Jadikan Simas Sehat sebagai bagian dari perencanaan keuangan Anda dan keluarga. Gali informasi lebih dalam mengenai Simas Sehat melalui http://ift.tt/2acFQRw
 
Be Healthy with Simas Sehat!


 
Baca Berita Asal
Sebelum Terlambat, Kenali Gejala Serangan Jantung
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sebelum Terlambat, Kenali Gejala Serangan Jantung"

Post a Comment

Powered by Blogger.