Search This Blog

Efek Buruk Rokok terhadap Kesehatan Jantung

Metrotvnews.com, Jakarta: Merokok berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Dampak buruk ini tak cuma diidap perokok aktif, namun juga memengaruhi kesehatan orang lain di sekitarnya yang tak sengaja menghirup asap rokok (perokok pasif).
 
Hasil penelitian menemukan terdapat 4 ribu jenis bahan kimia dalam kandungan rokok. Dari 4 ribu jenis bahan kimia tersebut, 40 di antaranya bersifat karsinogenik (penyebab kanker). Zat yang bersifat karsinogenik tersebut lebih banyak ditemukan pada asap yang dihirup oleh orang lain.
 
Zat nikotin yang terkandung dalam sebatang rokok, menyebabkan ketagihan dan merusak salah satu organ penting dalam tubuh manusia, yakni jantung. Nikotin bisa meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, kebutuhan oksigen jantung, serta menyebabkan gangguan irama jantung.

Nikotin juga bisa memasuki aliran darah dan menghambat transfer oksigen ke seluruh organ vital dalam tubuh. Dalam upaya memulihkan pasokan oksigen pada sejumlah organ tersebut, otak memberi sinyal kepada jantung untuk bekerja lebih cepat agar dapat memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Proses ini menyebabkan kelelahan fisik. Jika kondisi ini terus berlangsung, jantung yang berdetak lebih cepat melebihi normal dapat membahayakan jantung dan merusak arteri.
 
Itulah sebabnya, rokok dapat menyebabkan penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20 persen kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok. Ketika merokok, Anda akan lebih mungkin terkena serangan jantung.

Bahkan, perokok berisiko dua hingga empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung koroner. Jantung koroner terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju otot jantung karena endapan lemak dan kolesterol. Jika darah tidak mengalir sama sekali karena arteri koroner tersumbat, penderita bisa mengalami serangan jantung seketika.
 
Tak salah bila ada slogan “Sayangi Jantung Anda.” Sebab, jantung memiliki peran utama untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung juga menyediakan oksigen darah yang cukup dialirkan ke seluruh tubuh, dan membersihkan tubuh dari karbondioksida.
 
Bila Anda ingin hidup sehat lebih lama, maka mulai sekarang berhentilah merokok. Sayangi jantung Anda dengan menjalani pola hidup sehat, rutin berolahraga, serta tidak merokok.
 
Artikel ini dipersembahkan oleh:
 

 Be Healthy with Simas Sehat!
 
 
Baca Berita Asal
Efek Buruk Rokok terhadap Kesehatan Jantung
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Efek Buruk Rokok terhadap Kesehatan Jantung"

Post a Comment

Powered by Blogger.