Search This Blog

Salah Strategi dalam Rencana Diet

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rencana diet kebanyakan gagal karena strategi yang salah dengan meminta orang-orang mengganti makanan kesukaan mereka.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychology and Merketing tersebut mengatakan bahwa pendiet yang sukses berfokus pada makanan sehat dengan strategi pendekatan dan penghindaran.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa daripada membuat aturan untuk menghindari makanan kesukaan, pendiet seharusnya fokus pada makanan sehat yang mereka nikmati," ujar Meredith David, profesor asistan di Baylor University Amerika.

Pendiet yang membatasi diri dari makanan kesukaan justru cenderung gagal. Sementara, mereka yang sesekali mentraktir diri sendiri dengan makanan kesukaan namun tetap mengonsumsi makanan sehat justru lebih bisa mencapai target.

Penelitian tersebut melibatkan 542 partisipan untuk melihat tingkat pengendalian diri.

"Data kami menemukan, umumnya individu yang lebih berhasil mencapai tujuan mereka cenderung untuk mengembangkan rencana yang lebih memotivasi mengenai masuknya makanan sehat dan makanan kesukaan serta mengesampingkan makanan tak sehat yang tak disukai," tambah David.

Ketika diminta menulis daftar menu makanan yang dikonsumsi, sebagian besar partisipan membatasi dan menghindari makanan tertentu. Hal tersebutlah yang menjadi masalah dalam pengendalian diri individu sehingga target sulit tercapai.

Ketika berpikir untuk menghindari makanan tak sehat sebagai bagian dari strategi diet, individu dengan pengendalian diri rendah akan memikirkan makanan kesukaan. Sementara, mereka yang bisa mengendalikan diri juga memikirkan hal yang sama, namun hanya sebentar.

Ketika dihadapkan dengan makanan sehat, individu dengan pengendalian diri rendah akan memikirkan makanan yang tak disukai, sementara mereka yang bisa mengontrol diri menikmati makanan tersebut tanpa berpikir apapun.

 
Baca Berita Asal
Salah Strategi dalam Rencana Diet
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Salah Strategi dalam Rencana Diet"

Post a Comment

Powered by Blogger.