Search This Blog

Pentingnya Omega 3 Bagi Penderita Diabetes

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa mengonsumsi omega 3 dapat mencegah komplikasi dari penyakit diabetes yang berkaitan dengan penglihatan.

Laporan yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Ophthalmology tersebut meneliti 3.500 penderita diabetes tipe 2 di Spanyol yang menganut diet Mediterania selama 6 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa setiap individu yang mengonsumsi minimal 500 mg lemak omega 3 dalam sehari, setara dengan dua porsi ikan berminyak dalam seminggu, memiliki risiko retinopati diabetik yang lebih rendah secara signifikan.

Penyakit tersebut dapat menyebabkan masalah penglihatan, bahkan kebutaan. Mereka berpendapat, efek anti-inflamasi dari lemak jenuh tersebut adalah penyebabnya. Sementara, penelitian lain menyebutkan bahwa omega 3 juga dapat meredam munculnya inflamasi.

Namun, studi ini terbatas karena hanya melihat pada orang Spanyol yang kebanyakan mengikuti pola makan Mediterania yang banyak mengonsumsi buah dan sayuran.

"Studi ini menunjukkan bahwa mereka yang ingin melawan komplikasi diabetes harus pandai memilih makanan," ungkap Dr. Michael Larsen dari University of Copenhagen dalam sebuah editorial yang untuk penelitian.

 
Baca Berita Asal
Pentingnya Omega 3 Bagi Penderita Diabetes
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pentingnya Omega 3 Bagi Penderita Diabetes"

Post a Comment

Powered by Blogger.