Search This Blog

Menkes: Diabetes Induk Segala Penyakit

Metrotvnews.com, Jakarta: Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah penderita diabetes dari tahun 2007 (5,7 persen) ke 2013 (6,9 persen) sekitar 9,1 juta jiwa.

Menurut data Sample Registrastion Survey (SRS) 2014, diabetes sudah menjadi penyakit pembunuh nomor 3 di Indonesia. Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai penyakit kompilasi lainnya.

"Diabetes adalah induk segala penyakit yang bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskuler, liver, hingga gagal ginjal," ungkap Menteri Kesehatan Nila F.Moeloek dalam acara konfrensi pers kampanye Indonesia Lawan Diabetes, di Jakarta, Sabtu (13/8/2016).

Untuk bisa menanggulanginya, Kementrian Kesehatan kini telah menggalakkan berbagai program promotif dan preventif seperti melakukan berbagai edukasi kepada masyarakat, deteksi dini dengan meriksakan diri sebelum terlambat, pengadaan posbindu Penyakit Tak Menular, dan mengadakan kolaborasi antar pemerintah dengan sektor privat untuk melakukan sosialisasi perilaku sehat.

Sayangnya, tingkat kesadaran masyarakat terhadap diabetes masih rendah. Data Riskesdas 2013 menunjukkan bahwa hanya 20 persen masyarakat Indonesia yang melakukan tindakan promotif dan preventif terhadap penyakit silent killer tersebut.

"Di sini peran wanita yang berpengetahuan sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengurus anak-anak kelak, melalui pemberian ASI dan program seribu hari kehidupan. Dengan demikian maka tingkat kesehatan dan ekonomi bisa meningkat," tutupnya.
Baca Berita Asal
Menkes: Diabetes Induk Segala Penyakit
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menkes: Diabetes Induk Segala Penyakit"

Post a Comment

Powered by Blogger.