Search This Blog

Manfaat Musik dalam Pengobatan Kanker

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa mendengarkan musik memberi tak hanya memberi efek positif bagi penderita kanker seperti mengurangi rasa cemas, kecapaian, dan meningkatkan kualitas hidup.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cochrane Library tersebut melihat dampak dari terapi musik (mendengarkan musik yang disarankan oleh terapis musik) dan pengobatan musik (mendengarkan musik rekaman yang disediakan oleh dokter atau suster) pada pasien kanker secara psikologis dan fisik.

"Kami menemukan bahwa intervensi terapi musik khusus membantu meningkatkan kualitas hidup pasien. Hal ini baik untuk kesejahteraan pasien secara keseluruhan," ujar Joke Bradt, profesor asisten dari Drexel University, di Philadelphia, Amerika Serikat.

Dilakukan 52 percobaan dengan 3.731 partisipan penderita kanker di mana 23 percobaan terapi musik dan 29 percobaan intervensi pengobatan musik.

Secara umum, dampak dari percobaan tersebut adalah efek dari sedang menjadi kuat untuk mengurangi kecemasan pasien. Sementara,  sebuah keuntungan besar dari perawatan pengurangan rasa sakit yang memberi efek dari kecil ke sedang.

Intervensi musik juga berhubungan dengan pengurangan tingkat sakit untuk beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan pernapasan, serta mengurangi tekanan darah.

"Hasil dari salah satu studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik bisa mengurangi kebutuhan dari anastesi dan analgesik, maupun mempercepat waktu penyembuhan di rumah sakit, tapi dibutuhkan penelitian lanjut," tambah Bradt.

Ketika dibandingkan antara terapi musik dan pengobatan musik, tim tersebut melihat peningkatan sedang dalam kualitas hidup terjadi pada partisipan terapi musik. Namun, hal serupa tak terlihat pada partisipan pengobatan musik.

"Keduanya memang memberi efek yang penting dalam pengobatan kanker, namun belum jelas mana yang paling menonjol," ungkapnya.

 
Baca Berita Asal
Manfaat Musik dalam Pengobatan Kanker
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaat Musik dalam Pengobatan Kanker"

Post a Comment

Powered by Blogger.