Search This Blog

Olahraga Setelah Belajar Mampu Tingkatkan Ingatan

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa olahraga empat jam setelah belajar dapat meningkatkan ingatan jangka panjang.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa murid yang berolahraga empat jam masih menyimpat memori dua hari yang lalu dibandingkan mereka yang tidak berolahraga atau langsung berolahraga.

Olahraga pada waktu tertentu berhubungan dengan dengan penampilan yang lebih tepat dalam hippocampus, bagian otak yang berperan dalam belajar dan ingatan.

"Hal tersebut menunjukkan bahwa kita dapat meningkatkan penggabungan ingatan dan meemori jangka panjang dengan berolahraga swtelah belajar," ujar Guillen Fernandez dari Radboud University di Belanda.

"Studi menunjukkan bahwa olahraga fisik sewajarnya yang diberi waktu dapat meningkatkan memori jangka panjang dan memberikan potensi olahraga sebagai intervensi dalam pendidikan dan klinis," catat Fernandez.

Studi yang dipublikasikan daln jurnal Current tersebut melibatkan 72 siswa yang mempelajari 90 gambar dalam waktu 40 menit.

Setelah itu, mereka secara acak dikelompokkan menjadi tiga grup. Grup pertama langsung berolahraga, grup kedua berolahraga setelah empat jam belajar, dan grup ketiga tidak berolahraga sama sekali.

Olahraga tersebut berdurasi 35 menit dengan kegiatan bersepeda dan meningkatkan detak jantung hingga 80 persen.


 
Baca Berita Asal
Olahraga Setelah Belajar Mampu Tingkatkan Ingatan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Olahraga Setelah Belajar Mampu Tingkatkan Ingatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.