Search This Blog

Kebiasaan Membaca Buku Dapat Memperpanjang Usia

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi baru mengungkapkan, bahwa menghabiskan 30 menit sehari dengan sebuah buku yang bagus dapat memperpanjang angka harapan hidup.

Dari 3.635 orang yang disurvei tentang kesehatan dan kebiasaan membaca, para 'kutu buku' 20 persen lebih besar kemungkinannya  untuk hidup 12 tahun lebih lama, dibanding mereka yang tidak suka membaca. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Yale University tersebut juga telah memperhitungkan faktor-faktor seperti jenis kelamin, pendidikan, dan kemampuan kognitif.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Sosial & Medicine edisi September  tersebut meneliti bagaimana membaca buku dan majalah dapat memengaruhi usia.

"Kami berspekulasi bahwa buku melibatkan pikiran pembaca lebih dari surat kabar dan majalah, yang mengarah ke manfaat kognitif," demikian tertulis dalam pembukaan laporan.

Selama penelitian, mereka yang membaca buku hanya 3,5 jam per minggu memiliki angka harapan hidup yang lebih rendah dibanding mereka yang gemar membaca lebih dari waktu tersebut.

Mereka yang membaca lebih dari itu, angka harapan hidup mengalami peningkatan, dan risiko kematian menurun sebanyak 23 persen.

Orang yang lebih suka majalah juga memiliki risiko kematian yang lebih kecil, apabila dilakukan selama lebih dari tujuh jam dalam seminggu.

Para partisipan dalam penelitian tersebut berusia di atas usia 50 tahun dengan berbagai variasi status ekonomi, perkawinan, pekerjaan, dan pendidikan.

Peneliti juga melakukan tes kognitif kepada para pecinta buku tiga tahun setelah penelitian. Hasilnya, kepandaian mereka tidak berubah. Hal tersebut menunjukkan bahwa membaca buku juga memberikan efek positif pada kekuatan otak.

Rata-rata, para pembaca buku hidup 23 bulan lebih lama dibandingkan mereka yang tak senang membaca. Hal ini mutlak tanpa memandang gender maupun status sosial seseorang.

Dalam kesimpulan mereka, penulis menunjukkan bahwa orang dewasa yang berusia lebih dari 65 tahun menghabiskan hampir empat setengah jam sehari menonton televisi. Peneliti menyarankan untuk mengarahkan waktu luang mereka pada kebiasaan membaca buku.

Sementara, bagi mereka yang membaca sebagian besar surat kabar dan majalah, mungkin bisa beralih ke buku-buku yang ringan.

"Kekokohan temuan kami menunjukkan bahwa membaca buku tidak hanya memperkenalkan beberapa ide menarik dan karakter, tetapi juga memperpanjang usia," tulis mereka, seperti dilansir TIME.

 
Baca Berita Asal
Kebiasaan Membaca Buku Dapat Memperpanjang Usia
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kebiasaan Membaca Buku Dapat Memperpanjang Usia"

Post a Comment

Powered by Blogger.