Search This Blog

Hindari Sinar Matahari Usai Konsumsi Obat Ini

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada beberapa jenis obat-obatan yang akan memberi reaksi tertentu pada kulit yang terkena sengatan matahari. Alhasil, kulit menjadi sensitif. 

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari saat menggunakan obat-obatan ini.

1. Obat jerawat

"Obat tersebut dapat menyebabkan fototoksinitas seperti kulit terbakar parah," ujar Megan Rech, seorang apoteker klinis pengobatan darurat di Loyola University Medical Center, Chicago.

Retinoid (seperti Retin-A dan Tazorac) secara signifikan lebih kuat dari produk yang baisa dijual di toko obat atau toko kecantikan.Produk anti-jerawat dan anti-penuaan dengan retinol dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas, dan menjadi sensitif jika terkena paparan sinar matahari. Selain itu, produk dengan asam salisilat dan benzoil peroksida juga dapat meningkatkan kerentanan terhadap masalah kulit.

2. Antibiotik

"Antibiotik dapat menyebabkan reaksi fotosensitivitas dan fototoksik, yang akan memperburuk kondisi kulit terbakar," kata Rech. 

Salah satu contonhnya adalah Bactrim, atau trimethoprim sulfamethoxozole. Bactrim diresepkan untuk mengobati bronkitis infeksi kandung kemih. 

"Itu memberi pengaruh besar, dan begitu juga tetrasiklin dan fluoroqinolone." ungkapnya.

3. Obat alergi

Beberapa pengguna menemukan, bahwa antihistamin seperti diphenydramine (ditemukan dalam produk seperti Benadryl dan Dramamine) mengurangi kemampuan pengguna untuk mengeluarkan keringat. Dalam kasus ekstrem, menurut catatan dewan penasehat medis Consumer Reports, paparan matahari terhadap orang yang mengonsumsi obat di atas mengakibatkan  kepanasan, kram, kelelahan, bahkan stroke. 

4. Obat anti-depresan

Obat anti-depresan trisiklik dapat menyebabkan dehidrasi jika terpapar cuaca panas. 

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera cari tempat berteduh, minum banyak air atau minuman yang mengandung elektrolit. Pada reaksi yang berat seperti kebingungan, demam, atau pingsan, segera hubungi dokter.

5. Obat anti-inflamasi non-steroid

"Ini untuk jenis non-steroid yang tak biasa digunakan," ujar Rexh menanggapi penyebab fototoksinitas.

"Jika Anda mengkonsumsinya, usahakan selalu menggunakan perlindungan seperti tabir surya agar tak memperburuk keadaan," sarannya.

6. Vitamin dan herbal

"Banyak obat-obatan herbal yang menyebabkan fotosensitivitas. Oleh karena itu, baiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu," ujar Rech.

Salah satu obat yang membahayakan adalah Niacin, bentuk Vitamin B3 yang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi. Obat ini dapat menyebabkan reaksi kulit seperti sensitif terhadap sinar matahari.

7. Obat topikal

Paparan sinar matahari dapat memperkuat efek buruk. Gunakan pakaian lengan panjang usai mengonsumsi Fentanyl (pereda rasa sakit yang kuat), Clonidine (penurun tekanan darah). Jika terpapar sinar matahari langsung, pembuluh darah di permukaan.
Baca Berita Asal
Hindari Sinar Matahari Usai Konsumsi Obat Ini
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hindari Sinar Matahari Usai Konsumsi Obat Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.