Search This Blog

Habibie: Ibu Berperan Penting Bagi Masa Depan Bangsa

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie menjelaskan pentingnya posisi ibu terhadap keberlanjutan suatu bangsa. Ia mengibaratkan, bayi yang sempurna harus memiliki super intelegensi software dan hardware yang diperoleh dari ibu sebagai sumber pengetahuan, sementara hardware didapat dari lingkungan luar.

"Masa depan bangsa ini harus diandalkan pada oleh Sumber Daya Manusia (SDM) terbaharukan," ujarnya dalam Keynote Speech seminar Breastfeeding Is A Relationship di kantor Kementrian Kesehatan, Jakarta, Sabtu (6/8/2016).

Dalam rangka memeringati Pekan ASI Sedunia yang jatuh pada 1-7 Agustus, Habibie juga menyinggung bagaimana istrinya, Ainun sebagai ibu menjaga kedua anaknya, Ilham Akbar dan Thareq Kemal, dengan sangat baik.

"Saya sadar akan hal itu. Makanya dua film saya didedikasikan unyuk mereka. Yang pertama untuk Ainun. Sementara yang kedua untuk ayah dan ibu saya, Ainun mengurus anak-anak seutuhnya, saya saat itu sedang kuliah S3. Ia sangat mandiri," kenangnya.

Ia mengatakan, saat Ainun sibuk mengurus anak-anak, ia membantu mengurus rumah dengan cara mencuci piring, mencuci popok anak atau membersihkan rumah, mengingat hanya sampai situ bantuan yang bisa ia berikan ketika tidak belajar.

Habibie juga menyarankan agar ayah ikut berperan dalam perkembangan anak, terutama saat sedang bayi, meskipun hanya kecil dan sederhana.

"Cukup dengan mengetahui informasi yang tepat saja agar bisa mengerti bagaimana perkembangan anak," sarannya.

Selain ASI, Habibie juga mengungkapkan bahwa ada tiga elemen yang dapat membuat seseorang bisa menjadi unggul dalam kehidupannya, yaitu budaya, agama, dan ilmu pengetahuan. Ketiga elemen ini masing-masing sebagai satu kesatuan yang bila digabungkan akan memberi manfaat yang besar bagi bangsa maupun individu.

"Unggul itu kalau Anda di mana pun bisa bersaing di mana saja dan Anda menang," ungkapnya memberi pengertian.

Oleh karena itu, ia mengungkapkan agar SDM bangsa berfokus pada produksi dalam negeri yang nantinya akan ikut berkembang dan memajukan bangsa.

 
Baca Berita Asal
Habibie: Ibu Berperan Penting Bagi Masa Depan Bangsa
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Habibie: Ibu Berperan Penting Bagi Masa Depan Bangsa"

Post a Comment

Powered by Blogger.